Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Menang Mudah di MotoGP Sachsenring, Marquez Jadi SachsenKing

7 Juli 2019   21:43 Diperbarui: 8 Juli 2019   02:45 0 6 2 Mohon Tunggu...
Menang Mudah di MotoGP Sachsenring, Marquez Jadi SachsenKing
yang happy di podium Sachsenring (dok.motogp.com)

Marc Marquez menang lagi di MotoGP seri Sachsenring yang berlangsung hari ini di Jerman. Kedigdayaan Marquez di Sachsenring memang sulit untuk digoyang. Kemenangan kali ini melengkapi total kemenangan 10 kali berturut-turut di Sachsenring. Marc Marquez is Sachsenking. Keluarga Marquez dobel happy karena Alex marquez juga menang di Moto2.

Saya berharap Marquez bisa dibuat repot oleh Fabio Quartararo yang cukup kuat sepanjang minggu, tapi nasib apes menimpa Quartararo yang jatuh dan out dari balapan. Tak mendapat halangan dari rival lain bikin Marquez ngacir dengan aman. Secara keseluruhan, balapan berlangsung tanpa drama dan cenderung membosankan.

Jalannya Balapan
Balapan berlangsung sepanjang 30 lap. Marc Marquez memulai balapan dari pole position. Fabio Quartararo melengkapi row 1 dengan start dari posisi 2 dan Marc Vinales start dari posisi 3. Valentino Rossi start dari posisi 11 setelah bersaing ketat di Q1. The Doctor belum juga pulih kekuatannya.

lumayan podium dua (dok.motogp.com)
lumayan podium dua (dok.motogp.com)
Marc melakukan start sempurna dan langsung mempimpin balapan. Top 3 di lap kedua adalah Marc, Vinales dan Jack Miller. Quartararo jatuh di tikungan 3 dan out dari balapan. Lap ketiga Oliveira dan Zarco juga jatuh, Vale tercecer di posisi 9. Lap keempat Alex Rins mencatat fastest lap dan melewati Vinales dengan mudah. Top 3 saat ini Marc, Rins dan Vinales.

Lap kelima Marc catat fastest lap 1:21:415 dan mulai membuat jarak. Terlihat Fabio Quartararo di garasi dengan muka kesal. Lap kesembilan Crutchlow coba lewati Vinales buat posisi tiga. Gap Rins dengan Vinales terpaut 0,955 detik. Posisi sementara saat lap ketiga belas adalah Marc, Rins, Vinales, Crutchlow, Miller, Dovizioso, Petrucci, Morbidelli dan Rossi.

Marquez dan Quartarao gagal duel di Sachsenring (dok.motogp.com)
Marquez dan Quartarao gagal duel di Sachsenring (dok.motogp.com)
Lap keempatbelas Crutchlow mengejar Vinales di posisi 3 dengan kecepatan 293 km per jam. Lap ketujuhbelas Joan Mir lewati Vale buat posisi 9. Vale turun ke 10. Deretan rider saat ini adalah Marc, Rins, Vinales, Crutchlow, Petrucci, Dovizioso, Miller, Morbidelli, Joan Mir dan Vale. Marc lewat di turn 3 dengan lean angle 66 derajat di kecepatan 100 km per jam.

12 lap tersisa Alex Rins jatuh di turn 11. Crew Suzuki shock dan ada satu crew yang hampir membanting laptopnya. Mending buat saya aja tuh laptop. Top 3 saat ini adalah Marc, Vinales dan Crutchlow. 9 lap tersisa Crutchlow makin mendekati Vinales dan mencari celah untuk menyalip. Sementara Marquez sudah aman di depan, yang bisa mengalahkannya hanyalah kesalahannya sendiri.

Pak tua masih doyan balapan di belakang (dok.motogp.com)
Pak tua masih doyan balapan di belakang (dok.motogp.com)
7 lap tersisa posisi sementara adalah Marquez, Vinales, Crutchlow, Petrucci, Dovizioso, Joan Mir, Miller dan Rossi. Vale masih betah balapan di belakang. Petrucci dan Dovizioso bersaing berebut posisi dan beberapa kali saling salip. Miller dan Joan Mir juga. 5 lap tersisa Vale menjauh ke belakang, nampaknya ia ingin jadi penonton aja. Petrucci vs Dovizioso buat posisi 4 dan Dovi memenangi persaingan.

2 lap tersisa Aleix Espargaro crash dan out. Crutchlow menjauh dari Vinales dan Vinales aman di posisi dua. Nampaknya Crutchlow ogah ambil resiko, ketimbang terlalu gaspol malah jatuh dan gagal dapet poin yekan. So... Marquez happy menyentuh garis finis diikuti Vinales dan Crutchlow. Pak tua Valentino Rossi finis kedelapan.

Setelah ini MotoGP libur musim panas dan akan kembali di seri Brno tanggal 4 Agustus 2019. Saya sik berharap Valentino Rossi akan membaik performanya setelah liburan, udah cukuplah ya balapan di belakang mulu. Berikut ini hasil selengkapnya seri Sachsenring Jerman dan posisi klasemen sementara :

hasil MotoGP seri sachsenring (dok.motogp.com)
hasil MotoGP seri sachsenring (dok.motogp.com)
klasemen sementara MotoGP 2019 (dok.motogp.com)
klasemen sementara MotoGP 2019 (dok.motogp.com)

VIDEO PILIHAN