Ya Yat
Ya Yat Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Andrea Dovizioso Menangi MotoGP Misano, Yamaha Tak Berkutik

9 September 2018   21:46 Diperbarui: 9 September 2018   23:09 1946 11 6
Andrea Dovizioso Menangi MotoGP Misano, Yamaha Tak Berkutik
mereka yang happy di podium Misano (dok.MotoGP)

Yamaha benar-benar tak berkutik di balapan MotoGP seri Misano San Marino yang berlangsung hari ini.  Valentino Rossi harus puas finish ketujuh dan Maverick Vinales harus ikhlas finish kelima. Finish yang cukup buruk mengingat balapan kali ini adalah balapan kandang buat Valentino Rossi.

Tentu ini bukan yang diharapkan oleh penggemar Valentino Rossi dan pendukung Yamaha setelah dipaksa puasa balapan gara-gara seri Silverstone absen akibat hujan dua minggu lalu. Hujannya nggak salah sih... namun trek Silverstone jadi nggak safety karena genangan air mengalir yang memenuhi trek. Atas dasar safety.. seri Silverstone dibatalkan.

Ducati dan Honda digdaya di Misano. Andrea Dovizioso memenangi seri Misano. Lorenzo bisa jadi meraih podium dua seandainya ia tidak jatuh ketika balapan menyisakan dua lap. Sementara Marc Marquez yang sempat jatuh di sesi kualifikasi meraih podium dua.

Jalannya balapan

Balapan terdiri dari 27 lap. Lorenzo memulai balapan dari posisi pole dan Valentino Rossi start dari posisi tujuh. Perfect start dari Lorenzo membuat Lorenzo langsung ngacir memimpin balapan selepas start. Dovi lewati Marquez dan Jack Miller buat posisi 2 di lap kedua.

Rival yang bakal jadi team mate (dok.MotoGP)
Rival yang bakal jadi team mate (dok.MotoGP)
Miller sukses dilewati Marquez di lap ketiga. Marquez posisi 3 sekarang. Apes buat Jack Miller yang crash dan terpaksa out dari balapan di lap keempat. Lorenzo dan Dovi bersaing berebut posisi satu. Well.. dua Ducati ini sama kuatnya. Lap kelima ganti Xavier Simeon yang crash dan out dari balapan. Gap Lorenzo ke Dovizioso adalah 0.431 detik.

Lap keenam Lorenzo wheel to wheel dengan Lorenzo daannnn Dovizioso memenangi pertarungan ini. Dovizioso memimpin balapan sekarang. Di mana Vinales dan Rossi? Ada tuh di posisi 5 dan 7. Dovi gaspol hingga mencatat fastest lap 1:33:224. Lorenzo yang turun posisi menerima ancaman dari Marc Marquez yang kian mendekat.

Lap kedelapan Vinales turun keenam dan Vale turun ke delapan. Vinales menerima ancaman dari Dani Pedrosa. Di depan.. Dovizioso kambali mencatat fastest lap 1:32:686. Petrucci kena penalty karena shortcut di tikungan 1 dan 2. Lap kesebelas Marquez mamin menempel ketat Lorenzo. Di urutan 8 Vale kesulitan menyalip Pedrosa.

misano-2018-mm-5b9531ae43322f7f292f3fa6.jpg
misano-2018-mm-5b9531ae43322f7f292f3fa6.jpg
Lap ketigabelas, sementara Lorenzo aman dari kejaran Marquez. Sementara doang. Di urutan 8 Vale nggak tenang karena Iannone datang mendekat. Lap keempatbelas... Marquez melihat celah menyalip Lorenzo dannnnn gampang saja Marquez lewati Lorenzo dari sebelah dalam.

Lap kelimabelas Lorenzo nggak menyerah dan melawan balik. Ia kejar Marquez dan berjuang naik posisi.. namun ia belum berhasil. Lap keenambelas jarak Dovizioso ke Marquez adalah 1,7 detik. Marquez wheel to wheel lagi dengan Lorenzo. Lorenzo overtake Marquez namun sedetik kemudian Marquez ambil alih posisi lagi. Marquez posisi dua sekarang.

Lap ketujuhbelas Stefan Bradl crash dan out. Lap kedelapanbelas.. duo Yamaha nggak beranjak dari posisi 6 dan 8. Hanya Pedrosa yang memisahkan keduanya. Lin Jarvis terdiam menonton dari garasi. Lorenzo melakukan manuver ekstrem ketika lewati Marquez. Taringnya Lorenzo keluar kayaknya. Lorenzo posisi dua sekarang.

Lap kesembilanbelas.. Marquez berusaha melawan dan mengejar Lorenzo. Posisi top 3 saat ini adalah Dovizioso, Lorenzo dan Marc Marquez. Lorenzo dan Marquez saling kejar. Kedua rider ini punya skill sama dan performa motor yang sama hebat. Duelnya setara jadinya. Saat ini gap Dovizioso ke Lorenzo adalah 1,784 detik.

helm spesial VR46 buat Misano (dok.MotoGP.com)
helm spesial VR46 buat Misano (dok.MotoGP.com)
4 lap tersisa jarak Dovi ke Lorenzo terpangkas jadi 1,574 detik. 3 lap tersisa jaraknya menipis hingga 1,390 detik. 2 lap tersisa jaraknya nambah dikit jadi 1,424 detik. Lagi asyik ngejar Dovizioso.. ndilalah Lorenzo kehilangan kontrol ban depan motornya dannnnn jatuh nggelosor ke gravel. Shock lah itu crew Ducati. Harapan menempatkan 2 rider utama Ducati di podium pupus sudah.

Jatuhnya Lorenzo memberi berkah buat Cal Crutchlow naik ke posisi 3. Podium ada di depan mata. Trus jadi berkah juga buat Vinales yang naik kelima dan The Doctor naik ketujuh. Marquez nggak sempat mengejar Dovi dannnnn Dovi menjadi rider yang pertama menyentuh garis finis diikuti oleh Marc Marquez dan Cal Crutchlow. Balapan selesai.

Seri Misano menambah catatan buruk Yamaha yang selama setahun ini nggak pernah juara. PR nya Yamaha soal settingan ban belom dapet solusi kayaknya dan entah kapan dapat solusinya mengingat musim MotoGP 2018 tinggal 6 seri lagi. Kalo begini terus Yamaha harus ikhlas menjadi penonton pertarungan Ducati vs Honda.. dan itu cukup menyedihkan. Berikut hasil selengkapnya MotoGP seri Misano dan posisi klasemen sementara MotoGP 2018 :

hasil seri Misano (dok.motogp.com)
hasil seri Misano (dok.motogp.com)
klasemen sementara MotoGP 2018 (dok.motogp.com)
klasemen sementara MotoGP 2018 (dok.motogp.com)