Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Upaya APP Sinar Mas Membuat Asian Games 2018 Tanpa Api dan Tanpa Asap

21 Agustus 2018   19:10 Diperbarui: 21 Agustus 2018   19:12 454 5 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Upaya APP Sinar Mas Membuat Asian Games 2018 Tanpa Api dan Tanpa Asap
Flash mob karyawan Sinar Mas di Sinar Mas Land (dok.jawapos)

Asian Games 2018 yang berlangsung di negara kita memang harus kita sambut gembira. Banggalah kita jadi negara tempat berlangsungnya kompetisi olahraga Internasional. Namun di balik rasa bangga, ada kerepotan yang terjadi dalam rangka mempersiapkan gelaran akbar ini. Persiapan harus matang dan pelaksanaan Asian Games 2018 harus dikawal agar lancar.

Tahun 2015 Indonesia pernah punya nama buruk karena terbakarnya ratusan hektar hutan yang berakibat negara tetangga mendapat kiriman asap. Perlu waktu beberapa lama bagi pemerintah untuk memadamkan kebakaran. Kerugian dari kebakaran dan asap ini sungguh besar. Jangan sampai lah ya terjadi lagi kejadian ini di negara kita.

Saat ini kita sedang mengalami musim kemarau, panas banget hawanya. Di musim kemarau gini, kejadian apa yang sering terjadi? Kebakaran. Minggu lalu lingkungan rumah teman saya di daerah Matraman dilanda kebakaran. Puluhan rumah habis terbakar. Untungnya kejadian ini nggak memakan korban jiwa.

Palembang adalah daerah dengan resiko kebakaran yang tinggi karena Palembang dikelilingi oleh hutan yang berpotensi terbakar karena kemarau panjang. Di saat orang sedang riuh gembira menyambut Asian Games, ada yang sedang berjibaku mengamankan hutan agar tak terjadi kebakaran yang akan mengganggu jalannya gelaran Asian Games 2018.

Layar monitor di Situation Room (dok.yayat)
Layar monitor di Situation Room (dok.yayat)
Salah satu yang punya tanggung jawab mengamankan Asian Games dari kebakaran adalah Asia Pulp & Paper Sinar Mas, perusahaan yang menjadi salah satu official partner Asian Games 2018 sekaligus memiliki lahan konsesi di wilayah Sumatera Selatan. Ingin tahu soal kiprah Asia Pulp & Paper Sinar Mas dalam menangani kebakaran, saya datang ke gedung Sinar Mas yang lagi rame karena ada kegiatan Flash Mob buat menyambut Asian Games di Sinar Mas Plaza pada 15 Agustus 2018.

Bapak Gustaf Rantung, Head of Teknologi and Data Management di Fire Management APP Sinar Mas memaparkan apa dan gimananya tugas APP Sinar Mas pada saya dan teman-teman siang itu. Target APP Sinar Mas untuk Asian Games 2018 adalah "No Fire No Haze". Palembang dan Jakarta harus bebas api dan bebas asap kebakaran dan ini penting karena titik kemarau di Sumsel adalah bulan Agustus-September. Pas gelaran Asian Games 2018 kan.

Pada kondisi normal, standar operasi untuk deteksi api adalah di bawah 0,2 hektar namun jelang gelaran Asian Games 2018 wilayah deteksi api ditingkatkan menjadi 0,1 hektar. Artinya titik api sekecil apapun akan langsung dipadamkan dengan cepat. Pemadam api yang pada kondisi normal datang ke titik api kurang dari 2 jam maka jelang Asian Games pemadam api wajib datang kurang dari 1 jam.

Lalu  pada kondisi normal api dikontrol selama 8 jam, sekarang api dikontrol paling lama 4 jam. Artinya dalam waktu paling lama 4 jam api harus benar-benar mati. Perubahan juga terjadi pada pengawasan api di area lahan konsesi. Saat ini wilayah zero fire dan zero haze juga mencakup 5 km di luar lahan konsesi. Jadi makin luas aja deh lahan yang harus di awasi.

Hotspot bukan titik api (dok.yayat)
Hotspot bukan titik api (dok.yayat)
Namun APP Sinar Mas siap mengemban tugas dan telah mempersiapkan armadanya. APP Sinar Mas punya 36 tower menara pengawas api, 184 posko pemantauan, 810 tenaga pemadam kebakaran dengan total personel bersertifikat adalah 3000 orang, 4 helikopter, 42 personel pemadam kebakaran khusus, bermacam fasilitas pemadam lain seperti tangki air dan speed boats.  

Meski punya armada yang siap tentu APP Sinar Mas tak akan bisa melaksanakan tugas ini tanpa bantuan pihak lain misalnya masyarakat. Sebenernya kebakaran tidak timbul karena api yang tiba-tiba muncul melainkan akibat ulah tangan manusia. Pembakaran lahan untuk area perkebunan menjadi sebab utamanya. Ini juga yang menyebabkan kebakaran hutan besar tahun 2015 lalu.

Menyadari masyarakat sekitar lahan memegang peranan penting dalam kelancaran tugas ini, APP Sinar Mas melakukan edukasi mengenai kebakaran pada masyarakat sekitar lahan. Kegiatan edukasi dilakukan untuk menekan kebiasaan masyarakat membakar hutan untuk membuka lahan perkebunan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN