Mohon tunggu...
Aksi Cepat Tanggap
Aksi Cepat Tanggap Mohon Tunggu... Organisasi Kemanusiaan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menjadi organisasi kemanusiaan global profesional berbasis kedermawanan dan kerelawanan masyarakat global untuk mewujudkan peradaban dunia yang lebih baik http://act.id Aksi Cepat Tanggap (ACT) Foundation is a professional global humanitarian organization based on philanthropy and volunteerism to achieve better world civilization

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya

6 Tips Tingkatkan Imunitas Saat Menjalani Puasa di Masa Pandemi

15 April 2021   14:40 Diperbarui: 15 April 2021   14:42 104 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
6 Tips Tingkatkan Imunitas Saat Menjalani Puasa di Masa Pandemi
Photo by Rizki Yulian on Unsplash   

JAKARTA---Ramadan tahun ini merupakan kali kedua umat muslim menjalankan ibadah puasa Ramadan di tengah Pandemi Covid-19. Namun seperti yang kita ketahui, di masa pandemi saat ini menjaga imunitas tubuh merupakan salah satu kunci untuk menghindari Covid-19.

Di bulan Ramadan ini, tentu menimbulkan pertanyaan serta kekhawatiran tersendiri bagi umat muslim. Sebab, umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa sekaligus harus tetap menjaga daya tahan tubuh sebagai upaya pencegahan dari penyakit, terutama di masa mewabahnya Virus Covid-19 saat ini.

Secara umum, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan selama Ramadan. Diantaranya yaitu dengan tetap mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, juga memiliki gaya hidup bersih dan sehat. Berikut 6 tips untuk meningkatkan imun saat menjalani puasa di masa pandemi.

  • Konsumsi makanan bergizi

Salah satu kunci utama dalam meningkatkan imunitas tubuh adalah mengonsumsi makanan yang bergizi dan menghindari makanan yang berlemak, tinggi gula, dan tinggi garam. Usahakan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Karena dengan mengonsumsi sayur dan buah dapat memenuhi kebutuhan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C seperti, buah beri, jeruk, kiwi, apel, pepaya, mangga, brokoli, tomat, kembang kol, dan bayam. Sedangkan, sumber makanan yang mengandung zinc seperti daging ayam, daging sapi, berbagai macam kerang, dan sayuran berdaun hijau.

  • Perbanyak minum air putih

Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa yaitu dengan minum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka. Kita diwajibkan untuk menahan haus dari terbit fajar hingga waktu berbuka tiba. Dengan begitu, minum air putih yang cukup sangat penting untuk dilakukan saat berpuasa.

Usahakan minum air putih 8 gelas per hari atau 2 liter per hari. Dapat dibagi 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur. Dengan begitu, asupan cairan tubuh tetap terpenuhi dengan baik.

  • Tidur yang cukup

Tidur yang cukup dapat mengurangi stres. Meningkatnya hormon stres dapat memicu reaksi peradangan dalam tubuh dan menekan fungsi kekebalan tubuh dalam melawan infeksi sehingga tubuh akan lebih mudah terserang penyakit.

Mengontrol stres sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mental dan fisik di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, tidur juga baik untuk menjaga kebugaran tubuh saat puasa. Pastikan kita mendapatkan durasi tidur selama 6--8 jam sehari agar tidak mudah lelah saat puasa dan selama COVID-19.

  • Konsumsi vitamin

Mengonsumsi vitamin saat puasa dapat membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh dan dapat mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Pilihlah vitamin yang mengandung vitamin A, B, C, D, E, Zinc, Selenium, dan Kalsium. Vitamin ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh selama masa pandemi Covid-19.

  • Kurangi konsumsi gula

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN