Mohon tunggu...
Yasmin Kamila
Yasmin Kamila Mohon Tunggu... A dreamer

Sharing ilmu yang bisa didapatkan di luar lembaga pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Cara Mengatasi Depresi dengan Cepat dan Terapi Sendiri di Rumah

12 Agustus 2019   20:00 Diperbarui: 14 Agustus 2019   12:08 2940 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Mengatasi Depresi dengan Cepat dan Terapi Sendiri di Rumah
Sumber : plus.kapanlagi.com

Depresi adalah keadaan dimana seseorang mengalami sakit mental, gangguan pada mental atau emosionalnya. Depresi adalah sedih yang berlarut-larut, sedih tidak hanya diungkapkan dalam tangisan, bisa dengan melamun atau bahkan orang tersebut tidak dapat mengungkapkan rasa sedih itu.

Dampak yang dapat ditimbulkan akibat depresi:

1. Kerusakan otak
Depresi adalah sakit yang tanpa virus dan bakteri. Yang sakit adalah mental atau pikiran kita. Jika depresi terus dipelihara artinya kita memelihara penyakit dalam pikiran kita sehingga otak dapat mengalami kerusakan fungsi. Sebagai contoh kerusakan otak adalah lupa ingatan.

2. Penyakit jantung
Hubungan penyakit jantung sangat erat dengan tingkat depresi yang dialami seseorang. Karena ketika depresi otak akan terus menerima sinyal ancaman yang menyebabkan hormon kortisol dan adrenalin terlepas tidak terkendali di pembuluh darah sehingga tekanan darah meningkat dan jantung tidak teratur. Semakin tinggi tekanan, jantung akan semakin tidak teratur sehingga dapat menyebabkan serangan jantung.

3. Hilangnya rasa ingin berhubungan sosial dengan sekitar
Karena depresi, kita akan kekurangan hormon serotonin. Hormon serotonin adalah hormon yang mengendalikan jiwa sosial manusia.

Akibatnya, ketika kekurangan hormon serotonin maka kita akan susah bersosialisasi dengan teman, pasangan bahkan keluarga. Kita cenderung lebih menyendiri dan menjauhi keluarga.

4. Bunuh diri
Akibat terakhir yang paling dimungkinkan saat seseorang mengalami depresi adalah bunuh diri. Di mana seseorang tersebut sudah tidak dapat berpikir jernih dan tidak merasa hidupnya tidak ada gunanya lagi.

Setelah mengetahui dampak depresi yang sangat berbahaya, kira-kira apa sih ciri-ciri seseorang yang sedang depresi?

Karena sejatinya depresi adalah sakit yang ada dalam pikiran, harusnya pemilik pikiran bisa mengetahui apakah dia sedang depresi atau tidak. Jika sudah mengetahui ciri-ciri depresi tentu kita akan langsung mencari solusi mengatasinya sehingga tidak berlanjut ke tahap yang lebih parah.

Berikut adalah ciri-ciri seseorang mengalami depresi:

  1. Kurangnya nafsu makan
  2. Cemas dan khawatir yang berlebihan
  3. Selalu merasa putus asa
  4. Mengalami pusing tiba-tiba
  5. Ada rasa ingin bunuh diri
  6. Kehilangan minat untuk menjalani hidup
  7. Sensitif dengan semua perkataan (bisa menangis atau emosi)

Penyebab depresi sendiri sangat bervariasi, karena masalah setiap orang juga sangat kompleks dan bervariasi. Tetapi yang dapat disimpulkan penyebab depresi adalah shock yang dialami otak terhadap kejadian. Dan yang terakhir adalah poin terpenting dari penyakit depresi ini, yaitu pengobatan atau penyembuhannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x