Mohon tunggu...
Yanto Tena
Yanto Tena Mohon Tunggu... Sang Pemimpi

Yang Mulia

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Pesona Pantai Marapu Ibarat Surga Kecil yang Tersembunyi

2 Maret 2020   03:46 Diperbarui: 2 Maret 2020   04:08 70 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesona Pantai Marapu Ibarat Surga Kecil yang Tersembunyi
Foto bersama | dokementasi Pribadi

Salam wisata dari Kabupaten Sumba Barat Daya, artikel ini mengisakan cerita tentang Pantai Marapu.

Di Negara Indonesia banyak tempat tersembunyi yang jarang kita jumpai salah satunya ialah Pantia Marapu yang berada di Pulau Sumba. Jika ingin berkunjung ke Pulau Sumba, jangan lupa mampir di salah satu pantai yang pemandangannya memanjakan mata. Pantai Marapu ini menyajikan alam pemandangan yang sangat berbeda. 

Terletak di Desa Waimaringi, Kecamatan Kodi Balaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Dokumentasi Pribadi 
Dokumentasi Pribadi 
Di sebut dengan nama Marapu karena wilayah daratan di sisi timur pantai ini masih merupakan hutan dan menjadi tempat persembahan masyarakat adat setempat yang menganut aliran kepercayaan Marapu, dimana di hutan itu para tetua adat akan membawah persembahan untuk pemujaan para nenek moyang atau leluhur, seperti ayam atau babi yang akan di sembelih dan dibakar sambil berdoa dengan syair-syair adat meminta bantuan para Leluhur untuk segera menyampaikan permintaan mereka kepada Sang Pencipta. 

Tradisi ini biasa di lakukan saat musim kemarau yang berkepanjangan seperti di saat masyarakat membutuhkan hujan,  maka tetua adapun akan melakukan hal seperti yang sudah tertera di atas. 

Selain itu juga,  di saat musim panen atau musim tanam tradisi ini juga konon dilakukan untuk menyampain Doa dan Syukur mereka kepada Leluhur.  Oleh karena itu,  atas tradisi inilah pantai di sisi barat hutan itu dikenal dengan nama Pantai Marapu. Marapu sendiri adalah agama yang dianut oleh sebagian besar masyarakat Sumba. 

Agama ini memiliki kepercayaan pemujaan kepada nenek moyang dan leluhur. Pemeluk agama Marapu percaya bahwa kehidupan di dunia ini hanya sementara dan setelah kematian akan hidup kekal di dunia roh, yaitu di surga Marapu.

Dokumentasi Pribadi 
Dokumentasi Pribadi 
Selanjutnya , untuk menuju ke Pantai Marapu sangat tidak sulit. Dari Tambolaka hanya memakan waktu kurang lebih satu jam, tetapi tergantung juga laju kendaraan yang di tumpangi, dan jalan menuju kesanapun sudah sangat bagus. Pantai yang berada di Barat Pulau Sumba ini memiliki keindahan pemandangan yang luar biasa. Letaknya berbatasan langsung dengan lautan Samudara Hindia. 

Tebing-tebing tepi pantai inipun berumput hijau dan lebat dan berwarna keemasan sehingga berpadu dengan birunya air laut, pemandangan yang tampak begitu mempesona mampu memikat hati para wisatawan. 

Rupanya Pantai Marapu ini bukan sekadar destinasi yang menawarkan tempat rekreasi biasa, dengan potensi anginnya yang cukup kencang dan hamparan pantainya yang terbuka, panorama Pantai Marapu mampu  menggoda hati para pengunjung. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN