Mohon tunggu...
Yanto Yanto
Yanto Yanto Mohon Tunggu... Administrasi - Berusaha menginspirasi

Dosen FKIP Universitas Jambi

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Kursus TOEFL Gratis di Youtube

17 Juli 2021   08:40 Diperbarui: 17 Juli 2021   11:01 271 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kursus TOEFL Gratis di Youtube
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Sejak setahun yang lalu saya sudah memanfaatkan Youtube untuk memberikan tutorial Belajar TOEFL (Test of English as a Foreign Language) bagi pemula. Terdapat puluhan video yang berdurasi 10 hingga 30 menit. Semua materi dibahas. Mulai dari Listening yang teridiri dari 12 skill, Structure sebanyak 25 skill dan juga ada materi Reading sebanyak 6 skill. Setiap skill dibahas secara ringkas. Kemudian diikuti latihan. Selain itu, juga ada bagian khusus pembahasan soal.

Materi diambil dari buku "Longman Introductory for the TOEFL Test". Ini merupakan salah satu buku terbaik tentang TOEFL. Pertama, karena disusun oleh orang Amerika sendiri, yaitu Deborah Phllips. Kedua, model latihan sangat mirip dengan tes TOEFL resmi. Ketiga, materinya terstruktur dan mudah dipahami. Buku ini, termasuk yang paling banyak dipakai di lembaga kursus karena cocok untuk digunakan di kelas dan juga belajar mandiri di rumah.

Alhamdulillah, hingga kemarin sudah ada 19 ribu yang subscribe. Terdapat juga ratusan komentar positif dari yang nonton. Terus terang saya tidak menyangka bahwa channel ini meski secara tampilan kurang menarik, namun secara konten cukup diminati. Saya bahkan mencatat dalam seminggu terakhir pertambahan subscriber bisa mencapai 7 ribu atau rata-rata sekitar seribu sehari. Wow. Seorang mahasiswa melaporkan bahwa channel saya sempat viral dengan di retweet lebih dari 19 ribu kali. Cool.

Ini artinya peminat belajar Bahasa Inggris di Indonesia sebenarnya sangat banyak. Hanya saja mereka tidak tahu harus memilih channel yang mana yang sesuai kebutuhan pembelajaran Bahasa Inggris mereka. Akibatnya, sebagian mereka sering pindah-pindah channel sehingga proses pembelajaran menjadi tidak tuntas.

Dari komentar yang saya terima, banyak pengakuan mengejutkan sekaligus menyenangkan. Ada yang mengaku bisa mendapatkan skor 500 lebih setelah menonton secara teratur channel saya. Ada juga yang menyatakan bahwa penjelasan yang saya sampaikan mudah dimengerti. Tentu saja saya senang sekali membacanya. Dan ini jelas membuat saya bertambah semangat menambah video-video pembelajaran TOEFL selanjutnya.

Pembelajaran TOEFL

Belajar TOEFL jelas berbeda dengan belajar Bahasa Inggris secara umum. Belajar TOEFL berati Anda belajar Bahasa Inggris untuk menhadapi tes. Itu artinya fokus pembelajaran adalah teknik dan strategi menjawab soal dengan cepat dan tepat. Mengapa harus cepat? Karena waktu yang disediakan sangat singkat. Satu soal Listenig misalnya Anda hanya diberikan waktu 10 detik untuk memikirkan jawabannya. Satu soal Structure hanya diberi waktu sekitar 40 detik. Sedangkan satu soal Reading Anda punya waktu menjawab lebih kurang 80 detik. Dengan demikian, strategi menjawab soal menjadi sangat penting.

Setiap soal bernilai sama. Artinya, poin nilai sulit dengan soal mudah tidak ada bedanya. Jadi, jika bertemu dengan soal yang Anda anggap sulit, sebaiknya ditnggalkan saja, pindah ke soal berikutnya yang mungkin lebih mudah. Setelah selesai membaca semua soal, baru Anda bisa pindah ke soal yang tadi Anda tinggalkan untuk coba diselesaikan. Jika tetap tidak bisa, maka, tebak saja. Jangan dikosongkan. Siapa tahu tebakan Anda benar. Tidak ada pengurangan nilai jika jawaban Anda salah.

Belajar TOEFL memang dibutuhkan latihan berkali-kali. Ini sudah hukum alam bahwa untuk bisa mahir terhadap sesuatu, Anda harus sering berlatih. Saya sering mengamati mereka yang nilai TOEFL nya bagus, di atas 500. Umumnya mereka butuuh waktu.cukup lama untuk bisa sampai pada nilai yang diinginkan.

Hal lain yang penting adalah motivasi dan semangat serta konsistensi dalam belajar. Anda harus meluangkan waktu secara teratur setiap hari. Tidak masalah hanya 1s atau 30 menit. Yang penting rutin dan konsisten. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang sukses dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah mereka yang punya motivasi yang jelas serta semangat dan konsistensi yang terjaga.

Saya berharap tulisan yang singkat ini akan membantu siapa saja yang ingin belajar TOEFL dengan sungguh-sungguh entah itu untuk tujuan memenuhi syarat wisuda, tes pegawai negeri, pegawai swasta atau untuk tes beasiswa. Selamat  belajar TOEFL.

Nama channel: Yanto Tanjung - Belajar TOEFL Bagi Pemula.

Jambi, 17 Juli 2021

Dr. Yanto, S.Pd, M.Ed

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN