Mohon tunggu...
Yanti Sriyulianti
Yanti Sriyulianti Mohon Tunggu... Relawan - Berbagilah Maka Kamu Abadi

Ibu dari 3 anak yang sudah beranjak dewasa, aktif menggiatkan kampanye dan advokasi Hak Atas Pendidikan dan Perlindungan Anak bersama Sigap Kerlip Indonesia, Gerakan Indonesia Pintar, Fasilitator Nasional Sekolah Ramah Anak, Kultur Metamorfosa, Sandi KerLiP Institute, Rumah KerLiP, dan Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan di Indonesia sejak 1999. Senang berjejaring di KPB, Planas PRB, Seknas SPAB, Sejajar, dan Semarak Indonesia Maju. Senang mengobrol dan menulis bersama perempuan tangguh di OPEreT.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

DPD ADKI Riau Mendongkrak Perekonomian dan Mengatasi Anak Tidak Sekolah Bersama Masyarakat Kampar

2 September 2022   20:13 Diperbarui: 3 September 2022   06:59 111 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpti Rumah Kerlip Beriman

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengundang seluruh pelaku UMKM dan 50 Desa Kreatif dalam kegiatan Sosialisasi Desa Kreatif perdana di Balai Rumah Dinas Bupati Kampar (Kamis  1/9/2022). Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua dan Sekretaris Koperasi Syariah (Kopsya) Digital UMKM Desa Kreatif (Dudektif),  Muizin Firmansyah dan Gustika Rahmat. 

Beberapa kepala desa kreatif dan pelaku UMKM Kampar menyimak arahan DPD Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Provinsi Riau, Dr. H. Kamsol, M.M. "Di era society 5.0 ini kita perlu memperkuat kolaborasi. Super smart people yang mampu menjawab tantangan seyogyanya tumbuh bersama membangun ekosistem perekonomian yang berlandaskan gotong royong. Kopsya Digital UMKM Desa Kreatif yang didirikan para pelaku UMKM siap untuk membeli semua produk UMKM yang memenuhi SNI dan menjualnya di Gerai UMKM Desa Kreatif. ADKI siap menjalin kemitraan  dengan Kemenparekraf dan Kemendespdtt khususnya dalam pembinaan UMKM Desa Kreatif ini,"ujar Kamsol. PJ Bupati Kampar ini berupaya mendongkrak perekonomian Kampar dengan mendirikan Kopsya Dudektif.

Pengurus Kopsya Dudektif memegang teguh prinsip tumbuh bersama demi kepentingan terbaik anak. Karakteristik quick wins PJ Bupati Kampar mendorong kolaborasi dan menumbuhkan kesukarelawanan sejalan dengan prinsip tersebut. Kekhasan Koperasi Syariah membuka kesempatan bagi para pelaku UMKM Desa Kreatif untuk mendukung kegiatan sosial dengan membuka Baitul Maal di bawah Kopsya Dudektif

Pemetaan ATS/ABTS

Pengurus Baitul Maal Kopsya Dudektif berkomitmen penuh untuk mendukung Tim Sigap Kerlip membuka Rumah Kerlip Beriman di pustaka desa/sekolah. Wahana kolaborasi ini fokus untuk membantu memotivasi Anak Tidak Sekolah (ATS) dam Anak Berpotensi Tidak Sekolah (ABTS) kembali belajar.

Ibrahim dari Dinas PMD Kampar menyampaikan info tentang 8 desa tertinggi jumlah ATS/ABTS. Hal ini menggerakkan Tim Sigap Kerlip untuk melakukan pemetaan ATS/ABTS. Hot Martua mengajak Edo  menjalin  kerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kampar dan Forum Anak Kampar (Fakar) untuk memetakan ATS/ABTS di Bulan SDG's 2022. Kedua mahasiswa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai ini mempertemukan 2 anak penyandang disabilitas di Lipatkain Utara dengan PJ Bupati Kampar, Dr. H. Kamsol, M.M (Kamis, 1/9/2022).

 

"Kalian mau sekolah? Nanti Pak Sekdes membantu kalian berdua ya. Yang penting kalian mau sekolah seperti teman-teman lainnya, "ujar Ketua DPD ADKI Provinsi Riau ini saat berpose bersama 2 ATS, ibunda Lestari,  Tim Sigap Kerlip, dan Ketua IBI Kampar di lapangan badminton Lipatkain.

.

Tim Sigap Kerlip menyiapkan Rumah Kerlip Beriman di pustaka desa dengan dukungan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Kampar. "Rumah Kerlip Beriman adalah salah satu quick wins Bupati Kampar. Wahana kolaborasi ini menjangkau ATS/ABTS bersama keluarga masing-masing dengan 4 program Bintang. Kami sangat bahagia menyambut kolaborasi dengan semua pustakawan," ujar Yanti dalam pertemuannya dengan para pengelola pustaka di 21 kecamatan Kabupaten Kampar.

Dokpri Edo dan Raka bersama pustakawan dari 21 kecamatan se Kab Kampar
Dokpri Edo dan Raka bersama pustakawan dari 21 kecamatan se Kab Kampar
Tenaga Ahli Bupati Kampar ini juga berkoordinasi dengan Dinas PMD, Koperasi, Perdagangan, dan UMK, Disparbud, Bidang Perlindungan Anak, Forum.UMKM Kampar, serta Kopsya Dudektif untuk menyiapkan SK Bupati tentang 50 Desa Kreatif dan 50 Menuju Desa Kreatif.

Edo dari Tim Sigap Kerlip hadir bersama Raka, guru madrasah yang sangat kreatif. Keduanya berkenalan dengan seluruh pustakawan menyimak paparan Pembina Tim Sigap Kerlip tersebut. Yanti KerLiP mempresentasikan karakteristik Quick Wins PJ Bupati Kampar dan info sekilas mengenai Era Society 5.0.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan