Mohon tunggu...
Budiyanti
Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Seorang guru di Kabupaten Semarang yang gemar menulis di usia senja. Menulis adalah jejak hidup. Menulislah agar hidup bermakna.

Guru dan pegiat literasi

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Cara Mudah dan Murah Hilangkan Bau Badan

21 November 2022   17:00 Diperbarui: 21 November 2022   17:54 213
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tawas. Gambar diambil dari shutterstock.com

Cara Mudah dan Murah Hilangkan Bau Badan

Kala kita bergaul dengan teman, saudara, ada hal menjadikan tidak nyaman karena bau badan. Apalagi orang yang bersangkutan kadang tidak merasa jika badanya agak bau. Inilah menjadi probematika tersendiri. Mau negur gak berani. Tidak ditegur kok gak merasa. Padahal kita hampir tiap hari bertemu dengannya.

Dulu hal itu juga saya alami. Hampir setiap saat saya bereng sekolah dengannya, bau badannya menyengat. Mau menyampaikan gak enak. Umpama dibiarkan gak betah. 

Akhirnya saya menyampaikan pada teman dekat untuk menyampaikan perihal tersebut. Kalau ada teman yang agak dekat saya pun berani menyampaikan dengan kata-kata yang tidak menyinggung perasaan.

Setelah saya berumah tangga, suami selalu membawa cairan yang selalu dipakainya untuk menghilangkan bau badan. Suami merasa keringatnya bau. Beliau tak pede jika tak memakai caiaran yan diracik sendiri dan dimasukkan dalam botol bekas kosmetik.  Apa itu? Cairan bening penghilang bau badan tersebut adalah air tawas. 

Tawas merupakan benda putih bening berupa bongkahan yang biasa digunakan untuk menjernihkan air. Bahan ini murah dan mudah. Kita bisa membelinya di toko bangunan. Caranya bongkahan seperti gula batu itu kita pecah agak kecil-kecil. 

Kemudian cari botol kecil yang ada tutupnya atau gelas juga tidak apa-apa. Beri air hingga tawas tercelup. Letakkan di kamar mandi. Usai mandi, oleskan cairan tawas pada ketiak. Hal ini bisa kita lakukan setiap kali habis mandi.

Cara tersebut sudah lama digunakan oleh keluarga kami dan saudara-saudara suami. Sebagai istri, saya merasakan bahwa ketiak suami sama sekali tidak berbau. Suami hobi berolah raga. Cara ini sudah dilakukan bertahun-tahun. Jadi, pede saja saat berkeringat banyak. Inilah khasiat air tawas yang bisa manjur hilangkan bau badan.

Suami pun merasa nyaman jika sudah memakai tawas. Jika bepergian, botol berisi tawas selalu ada. Bau air tawas juga tidak menyengat tidak seperti deodorant  yang biasa dijual.  Jadi kita bisa nyaman bergaul, berteman di mana pun berada. Tak perlu takut berkeringat, atau makan apa pun. 

Nah, mudah dan murah kan? Jangan malu dengan barang murah. Yang utama kita bisa bebas dari bau badan yang menjadikan pergaulan kurang leluasa. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun