Mohon tunggu...
Budiyanti
Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Seorang guru di Kabupaten Semarang yang gemar menulis di usia senja. Menulis adalah jejak hidup. Menulislah agar hidup bermakna.

Guru dan pegiat literasi

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Senam dan Jalan Sehat bersama Lansia Ngudi Mulyo

7 November 2022   19:16 Diperbarui: 7 November 2022   19:28 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Senam dan Jalan Sehat Bersama Lansia Ngudi Mulyo

Cuaca pagi amat cerah, saya dan suami segera menuju lapangan yang berada di dusun kami. Hanya beberapa menit kami sampai di tempat. Ternyata sudah banyak yang datang. 

Segera saya gabung dengan warga lansia yang sedang bersenam. Untung belum lama kegiatan dimulai. Saya menuju barisan belakang. Saya pun mengikuti gerakan-gerakan ringan yang pas untuk lansia. 

Tampak para bapak-ibu yang berseragam hijau ini semangat mengikuti gerakan yang dipandu Pak Thomas. Mulai menepuk-nepuk lengan, pundak, leher dan gerakan lain yang ringan.

Gerakan terakhir adalah mengibaskan tangan ke belakang sampai dua puluh menit. Wah lama sekali ini. Biasanya malah sampai setengah jam. Tangan digerakkan ke belakang berulang kali ini membuat semua badan ikut gerak. Setiap gerakan selalu diiringi hitungan satu sampai empat secara bersamaan agar semangat.

Satu, dua, tiga, empat

lima

Pada hitungan lima kami membungkukkan badan dengan gerakan sama. Kami bersama-sama mengucapkan kata lima. Walaupun gerakan sama membuat kami berkeringat. 

Selanjutnya gerakan terakhir untuk pelan-pelan ambil napas dan hempaskan. Selanjutnya kami tutup dengan doa. Selanjutnya kami berjalan mengitari kampung lalu menuju rel kereta api yang sudah tidak dioperasikan. 

Dokumen pribadi 
Dokumen pribadi 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun