Mohon tunggu...
Budiyanti
Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Seorang guru di Kabupaten Semarang yang gemar menulis di usia senja. Menulis adalah jejak hidup. Menulislah agar hidup bermakna.

Guru dan pegiat literasi

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan bagi Tubuh

27 September 2022   21:34 Diperbarui: 27 September 2022   21:52 72 11 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi 

Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan bagi Tubuh

Hai Kompasianer... Apa kabar? Semoga kita semuanya dalam keadaan sehat walafiat. Aamiin.

Bagaimana bapak ibu? Berapa kali dalam satu tahun untuk memeriksakan kesehatan badan kita? Nah, kali ini saya akan bercerita tentang pentingnya pemeriksaan kesehatan.

Hari Jumat kemarin, di kampung ada Posyandu Lansia. Ini merupakan bagian dari Pokja desa. Posyandu bukan hanya untuk balita saja, melainkan untuk para lansia lho. Mau tahu kegiatannya apa saja? Yuk simak tulisan berikut.

Pukul 09. 00 Balai Dusun Kaliputih sudah penuh para lansia berkumpul untuk kegiatan rutin yaitu pemeriksaan kesehatan. Alhamdulilah, penulis mengikuti kegiatan ini baru dua kali. Ya, masa purna memang baru dua bulan. Selama ini saya memang jarang sekali memeriksakan kesehatan badan. Mungkin bisa dikatakan hampir tak pernah karena memang tak ada keluhan. Paling tes tensi di sekolah dan dinyatakn baik. Namun, kali ini mau tidak mau wajib mengikuti kegiatan posyandu lansia.

Sebenarnya pemeriksaan kesehatan tidak menunggu kita sakit. Sehat pun sebaiknya tetap diagendakan memeriksakan kesehatan. Dengan berbagai kesibukan, akhirnya saya pun jarang ke puskesmas atau dokter yang ditunjuk dalam askes.

Okey, kembali ke pemeriksaan kesehatan. Kami satu persatu menimbang tubuh dulu. Kemudian kami diperiksa tensi  secara bergantian. Setelah itu bergantian cek gula darah. Semua data dicatat dalam buku. Yang memeriksa gula darah dari puskesmas. Sejenak saya agak deg-degan untuk pemeriksaan gula darah karena untuk yang satu ini benar-benar jarang saya lakukan. Petugas mulai memegang tangan saya lalu menusukkan jarum di ujung jemari. Kemudian diperiksalah darah.

"Wah, agak tinggi Bu,"ucap Ibu muda yang duduk di balik meja. Sejenak saya agak tegang lalu kembali duduk di barisan ibu-ibu.

Saya pun intropeksi diri. Berusaha mengingat kembali selama ini. Ternyata benar juga bahwa selama ini saya tak pernah mengontrol pola makan. Makan minum seperti biasa hanya lebih sedikit. Banyak Ibu yang memberi penyemangat agar saya tak usah terlalu dipikirkan banget.

"Saya juga seperti jenengan Bu, malah lebih. Alhamdulilah kini sudah normal," ucap Ibu Baroto. Selanjutnya kami mendapatkan pengarahan dari petugas puskesmas. Beberapa hal yang disampaikan perihal gula darah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan