Mohon tunggu...
yanti ningrum
yanti ningrum Mohon Tunggu... Freelancer - freelancer

-

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Hubungan Psikologi Trader dan Strategi Trading

16 Oktober 2021   16:41 Diperbarui: 18 Oktober 2021   10:21 88 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: atozmarkets.com

Trading sangat erat hubungannya dengan psikologi, bukan hanya mitos belaka namun hal itu telah dilakukan penelitian, dimana pola pikir seseorang itu menentukan kesuksesan dan profit dalam trading.

Psikologi seseorang seringkali berubah sesuai dengan kondisi yang dialami saat melakukan trading. Misalkan saja saat mendapatkan profit yang besar maka trader trader akan merasa senang sekali namun saat mendapatkan loss, maka akan merasakan sedih. Hal itu sebenarnya adalah hal yang umum, sebab trader mempunyai ikatan yang kuat dengan hasil tradingnya.

Jika satu trader saja yang merasakan emosi senang atau sedih, hal itu tidak akan berpengaruh, namun bagaimana jika emosi yang sama di rasakan oleh banyak trader, maka kondisi emosi para trader itupun dapat mempengaruhi jalannya market dan menghasilkan pola tertentu. Perilaku trader dalam market ini disebut dengan 'sentimen partisipan market'. 

Beda halnya dengan 'sentimen market', untuk sentiment market ini digerakkan oleh berbagai faktor diluar market, sedangkan sentiment partisipan market dihasilkan dari psikologi trader.

Masing-masing partisipan market juga dapat dikelompokan di beberapa kategori. Kategori tersebut didasarkan dari kecenderungan karakter trader. Dalam kategori yang telah dikelompokan itu, masing-masing juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini 5 kategori dari partisipan market yang saya peroleh informasinya dari brokerforex:

Trader Artistik

Dalam kategori trader artistik ini, mereka dikelompokan oleh kesamaan dalam cara penerapan strategi memenangkan trading dengan cara intuitif dan kreatif dengan tendensi khusus. Trader jenis ini lebih fleksibel dalam menyesuaikan diri dengan perubahan kondisi market yang ada.

Trader Akurat

Untuk trader akurat ini seringkali menggunakan proses yang detail, dalam mencatat apapun dari hasil pengamatannya, agar mendapatkan rumusan strategi trading yang baik, yang dapat menghasilkan banyak profit dan sedikit loss. 

Hasil pengamatan dari tradingnya, baik saat menang atau kalah, dan pergerakan marketnya itulah yang dibuat menjadi jurnal trading, dimana jurnal trading ini adalah materi utama dari membuat perhitungan dalam trading selanjutnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan