Balap Pilihan

Hamilton Memenangkan Balapan F1 GP Hungaria

30 Juli 2018   18:16 Diperbarui: 30 Juli 2018   18:45 591 3 1
Hamilton Memenangkan Balapan F1 GP Hungaria
Lewis Hamilton menjuarai GP Hungaria (Sumber, manado.tribunnews.com)

Hati Hamilton kini sedang berbunga-bunga. Pembalap Inggris itu baru saja mencetak sejarah setelah menaklukkan Sirkuit Hungaroring untuk keenam kalinya! Sebelumnya Hamilton telah menjuarai sirkuit ini pada tahun 2007, 2009, 2012, 2013 dan 2016. Pekan sebelumnya juga, Hamilton berhasil meraih gelar juara GP Jerman setelah pembalap tuan rumah (Sebastian Vettel) "menyerahkannya" secara cuma-cuma...

Tetapi bukan hanya Hamilton saja yang berhasil membuat rekor baru. Pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen juga menorehkan sejarah baru sebagai satu-satunya pembalap F1 yang berhasil meraih podium di Sirkuit Hungaroring untuk kedelapan kalinya, setelah dia berhasil meraih podium ketiga di belakang Sebastian Vettel.

Hujan yang mengguyur Budapest pada sesi kualifikasi sebelumnya, menjadi berkah bagi Hamilton yang kemudian berhasil meraih pole. Akan tetapi cuaca yang cerah dan sedikit panas kemudian menemani jalannya balapan pada keesokan harinya.

Diantara sepuluh pembalap terbaik Q3 yang memulai start terdepan, hanya Sebastian Vettel (Posisi 4) dan Carlos Sainz (Posisi 5) yang memilih ban soft. Delapan pembalap lainnya memilih ban ultrasoft. Ban ultrasoft lebih cepat dari ban soft, tetapi hanya tahan untuk sekitar 18 lap saja. Sedangkan ban soft tahan untuk sekitar 40 lap.

Dari pemilihan ban soft tersebut, strategi Vettel terlihat sangat jitu. Dengan bertahan lebih lama di lintasan, Vettel berharap dapat mempertajam waktunya. Apalagi situasi cuaca sangat mendukung untuk kecepatan Ferrari. Selain itu, tiga pembalap di depannya setidaknya harus masuk pit dibawah 20 lap. Dan ketika mereka itu keluar dari pit nantinya, laju mobil mereka pasti akan tertahan oleh laju para pembalap back maker.

Duo pembalap Mercedes yang berada paling depan melakukan start dengan mulus. Raikkonen yang mencoba menyalip Bottas di posisi dua, justru melebar sehingga berhasil dilewati Vettel. Start mulus juga berhasil dilakoni pembalap Red Bull, Max Verstappen yang berhasil menyalip Pierre Gasly dan kemudian Carlos Sainz Jr di tikungan pertama. Kini Max berada pada posisi kelima. Namun peruntungan Max tak bertahan lama. Enam lap kemudian Max harus berhenti. Mobilnya mengalami kerusakan.

Pembalap Red Bull lainnya, Daniel Ricciardo bernasib apes setelah mobilnya bersenggolan dengan Marcus Ericsson. Ricciardo yang memulai start dari posisi 12, akhirnya melorot ke posisi 16! Akan tetapi Ricciardo yang kemudian bertarung habis-habisan, mampu menyudahi balapannya pada posisi keempat. Sungguh pencapaian yang luar biasa!

Lap ke-15, Kimi masuk pit untuk mengganti ban ultrasoft-nya. Akan tetapi kerja tim Ferrari yang tidak prima, membuat Kimi kehilangan waktu di pit! Sementara itu Ricciardo yang bertarung secara hebat, berhasil menyalip Brendon Hartley untuk meraih posisi delapan. Dua lap berikutnya Ricciardo berhasil melewati Sainz Jr untuk meraih posisi tujuh!

Lap ke-16, Vettel kemudian berhasil menggapai posisi kedua setelah Bottas masuk pit. Kini Vettel berusaha memangkas waktunya dengan Hamilton. Hamilton yang memimpin balapan sepertinya menunda masuk ke pit. Dari komunikasi radio antara Hamilton dengan tim, terdengar Hamilton berkata beberapa kali, "plan C"

Baru lah pada lap ke-26 Hamilton masuk pit untuk memakai ban soft. Kini Vettel yang memimpin jalannya balapan. Strategi Vettel tampaknya akan berhasil. Kini dia berusaha membuat jarak sejauh mungkin dari Hamilton dan Bottas...

Untung tak dapat diraih malang tak dapat ditolak! Sial bagi Vettel karena laju mobilnya tertahan oleh gerombolan pembalap back maker (medioker) Apalagi karakter Sirkuit Hungaroring yang sempit dan penuh tikungan tajam, membuat Vettel kesulitan membuat overtake!

Kini Vettel kehilangan banyak waktu. Ketika Vettel keluar dari pit pada lap ke-40dia kemudian mendapati dirinya di posisi ketiga di belakang Hamilton dan Bottas...

Tapi Vettel tidak putus asa, apalagi dia menggunakan ban ultrasoft yang bisa lebih cepat setengah detik per lapnya dari ban soft yang dipakai Hamilton dan Bottas. Tetapi sekali lagi gerombolan pembalap back maker yang berada di depannya, menjadi penghalang laju Vettel. Bahkan terlihat Kimi yang memakai ban soft, lebih cepat lap time-nya dari Vettel yang memakai ban ultrasoft!

Sepuluh lap menjelang akhir balapan, jarak Bottas dengan Vettel yang berada persis dibelakangnya tinggal satu detik saja. Di belakang Vettel ada Kimi dan juga pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo yang bertarung gigih untuk mencapai posisi kelima!

Lap ke-65, Vettel akhirnya berhasil merebut posisi kedua setelah berhasil menyalip Bottas di sebuah tikungan. Mobil kedua pembalap sempat bersenggolan setelah terlibat duel wheel to wheel. Vettel yang menyalip dari sisi luar, ban kiri belakangnya terkena sayap depan mobil Bottas yang melebar karena melakukan late-brake! Tak ayal sayap depan mobil Bottas mengalami kerusakan. Untungnya ban kiri belakang Vettel tidak mengalami kerusakan!

Insiden Bottas-vettel itu kemudian tidak disia-siakan Kimi yang langsung seketika menyalip Bottas! Kini Kimi sudah berada di podium ketiga, untuk mempertajam rekor podiumnya di Sirkuit Hungaroring. Setelah itu mobil Bottas terlihat melambat karena bannya sudah mulai aus, dan sayap depan yang juga rusak. Kini Ricciardo mulai mengintai untuk mencuri posisi Bottas.

Tiga lap berselang, Ricciardo mencoba peruntungannya untuk menyalip Bottas di sebuah tikungan. Insiden Bottas-vettel itu kemudian terjadi lagi! Sekali lagi Bottas melakukan "porno aksi" dengan melakukan late brake persis di tikungan! Akibatnya mobil Bottas dan Ricciardo bersenggolan, sehingga membuat mobil Ricciardo sempat keluar dari lintasan.

Kali ini Bottas kena batunya! Bottas kemudian mendapat ganjaran penalti 10 detik, plus dua poin penalti pada lisensi balapnya karena dianggap bersalah dalam insiden tabrakan dengan Daniel Ricciardo tersebut. Namun demikian, posisi Bottas tetap aman diurutan kelima karena jaraknya dengan Pierre Gasly yang berada dibelakangnya adalah 23 detik!

Balapan GP Hungaria yang berlangsung di Sirkuit Hungaroring ini pun berakhir dengan posisi Lewis Hamilton sebagai juara pertama diikuti oleh Sebastian Vettel, Kimi Raikkonen, Daniel Ricciardo dan kemudian Valtteri Bottas yang laju mobilnya tidak bisa sempurna lagi.

Selamat buat Hamilton dan Kimi dengan rekor baru mereka. Selamat juga buat Daniel Ricciardo yang telah bertarung luar biasa, yang walaupun sempat tercecer ke posisi 16, namun berhasil finish di posisi ke-4! Selamat juga buat Pierre Gasly yang berhasil menyumbang 8 poin bagi Toro Rosso setelah finish di posisi ke-6.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2