Mohon tunggu...
Bayu Setiawan
Bayu Setiawan Mohon Tunggu... ingin terus belajar

manusia hanya berusaha, Allah yang memenuhi segalanya

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Baperlitbangda Monitoring SIPBM bersama Dinpermasdes di 17 Kecamatan

19 Februari 2020   17:52 Diperbarui: 19 Februari 2020   17:51 11 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Baperlitbangda Monitoring SIPBM bersama Dinpermasdes di 17 Kecamatan
monitoring sipbm-dokpri

Baperlitbangda dan Dinpermasdes Kabupaten Brebes melakukan monitoring Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) ke 17 kecamatan Se-Kabupaten Brebes.  Monitoring dijadwalkan dari tanggal 19 Februari -- 02 Maret 2020. Tanggal 19 Februari 2020 dijadwalkan di Kecamatan Losari dan Kecamatan Tanjung.

Pejabat yang menangani SIPBM di tingkat kecamatan baik Kasi Kesos maupun Kasi PMD dan Admin SIPBM Kecamatan menjadi sasaran pelaksanaan monitoring kali ini.  "Tujuan monitoring adalah mengetahui proses pelaksanaan dan perkembangan pendataan SIPBM di lapangan.  Sejauh mana pendataan telah dilakukan, berapa jumlah keluarga yang sudah didata dan berapa jumlah data keluarga yang sudah diverifikasi dan divalidasi.  

Selain itu juga menghimpun permasalahan dan kendala yang dihadapi dalam SIPBM", demikian disampaikan oleh Bayu Setiawan, selaku Tim Monitoring dari Baperlitbangda.

"Admin SIPBM kecamatan kami perlu ada pergantian karena admin yang lama telah meninggal, sehingga selama beberapa bulan ada kekosongan, untungnya kami terbantu oleh adanya Relawan Teknologi Informasi dan Komputer (RTIK)" kata Kandar Kasi Kesos Losari  saat memberikan informasi kepada tim monitoring di Kantor Kecamatan Losari (19/02/2020).  "Semua desa di Kecamatan Losari telah melaksanakan pendataan SIPBM tapi belum semuanya selesai.  Namun demikian kami tetap mengarahkan desa untuk menyelesaikan pendataan" imbuh Kandar.

Di kecamatan Tanjung Admin SIPBM Kecamatan, Dian Reizi, menyampaikan bahwa dalam memantau perkembangan pelaksanaan pendataan SIPBM cukup melalui aplikasi SIPBM Web.  Admin kecamatan cukup membuka Menu Laporan dari aplikasi SIPBM Web.  "Kami hanya bertanya ketika bertemu di Kantor Kecamatan karena mayoritas Admin SIPBM Desa adalah perangkat desa yang punya jadwal rutin ke Kantor Kecamatan" tambah Reizi.

Kecamatan mempunyai peran penting dalam mengarahkan dan membimbing desa dalam pelaksanaan pendataan SIPBM. "Monitoring kali ini sebagai upaya memotivasi dan mendorong Kecamatan melakukan pendampingan SIPBM kepada Desa", pungkas Kasi Penguatan Jaringan Penanggulangan Kemiskinan Dinpermasdes Kabupaten Brebes Bambang Setiyawan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x