Mohon tunggu...
Okky Dinova
Okky Dinova Mohon Tunggu... Full Time Blogger - just your normal "weird" guy

Resensi Film / Serial TV / Video Game dan berbagai tulisan "iseng" lainnya XD http://okkydinova.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

[Resensi Film] Scary Stories to Tell In The Dark; Teror "CerPen"

8 Agustus 2019   23:10 Diperbarui: 8 Agustus 2019   23:35 226
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Prolog

Jika berbicara tentang novel horor, selama ini saya hanya mengenal 2 nama besar yaitu Stephen King dan R.L Stine karena karya-karya mereka sukses menakut-nakuti anak-anak dan remaja pada zamannya. Tapi untuk tahun ini wawasan saya sedikit bertambah karena bulan ini akan muncul film adaptasi dari "Scary Stories to Tell In The Dark" (SSTTID) karangan Alvin Schwart yang konon berhasil membuat "trauma" berbagai anak-anak luar negeri pada tahun 80-90an.

SSTTID sendiri adalah kumpulan cerita horor pendek yang terinspirasi dari berbagai urban legend dan folklore (cerita rakyat) yang ada di dunia. 

Bagaimana dengan filmnya sendiri ?

cukup menyeramkan dan layak untuk ditonton, apalagi film ini ditangani oleh Guillermo del Toro (Pacific Rim/Shape Of Water) sehingga dapat dipastikan penonton akan dimanjakan dengan kualitas visual yang di atas rata-rata dan siap untuk menterjemahkan berbagai monster yang ada pada SSTTID menjadi sebuah  "pemandangan" yang sulit untuk dilupakan.

Apa Itu Scary Stories to Tell In The Dark ???

sumber : wikipedia
sumber : wikipedia

Dirilis pertama kali pada tahun 1981, SSTTID adalah kumpulan cerita horor pendek untuk anak-anak yang dibuat oleh Alvin Schwart, SSTTID sendiri memiliki total 3 buku dengan total lebih dari > 50 cerita pendek.

SSTTID mengambil banyak inspirasi dari berbagai urban legend dan folklore (cerita rakyat) sehingga terdengar lebih familiar untuk anak-anak karena cerita-cerita seperti ini memang mudah tersebar terutama dari mulut ke mulut XD.

Saya sendiri mencoba membaca beberapa cerita SSTTID (kebanyakan hanya 1-2 halaman) dan merasa jika buku ini TIDAK COCOK untuk anak-anak karena cukup disturbing dan terkadang memiliki tema yang "berat" (seperti pembunuhan dan kanibalisme)

Tapi hal terbesar yang membuat SSTTID terkenal adalah ilustrasi karya Stephen Gamell yang membuat buku ini menjadi sangat memorable. Saya berikan satu contoh di bawah ini, jika anda merasa takut maka sebaiknya JAUHI FILM ini!!!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun