Okky Dinova
Okky Dinova masih nganggur XD

just a simple man with twisted mind XD visit my blog here http://okkydinova.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Resensi Serial TV "Crisis on Earth-X; Superhero vs Nazi"

6 Desember 2017   23:14 Diperbarui: 6 Desember 2017   23:25 427 1 1
Resensi Serial TV  "Crisis on Earth-X; Superhero vs Nazi"
sumber : wikia

TULISAN INI BERISI SPOILER!!!



Prolog

Tidak terasa 4 serial TV DC (Arrow, The Flash, Supergirl, dan Legends Of Tomorrow) sudah memasuki pertengahan season, dan seperti tradisi sebelumnya akan ada episode spesial (crossover) yang akan mempersatukan mereka. Dan tahun ini episode crossover yang ada adalah "Crisis On Earth-X" dimana para superhero ini akan melawan ancaman yang berasal dari Earth-X, universe dimana Nazi menjadi penguasa dan berniat untuk melakukan invasi ke universe lain!!!

Dan lagi-lagi Arrowverse menunjukkan keunggulannya dalam hal shared universedengan 4 episode Crossover kali ini, beberapa pihak bahkan mengatakan bahwa Crossover kali ini JAUH lebih baik ketimbang film layar lebar Justice League. Bukan hal yang aneh sih mengingat Arrowverse sudah berjalan lama dan (tentunya) beberapa tokohnya sudah akrab di mata penonton.

Bagaimana Crossover ini di mata saya ??? (Almost) Amazing ,saya dapat menikmati 4 episode ini walaupun saya sampai sekarang belum menonton Arrow dan Supergirl, semua tokoh mendapat porsinya masing-masing dan terlihat sangat keren untuk diikuti. 

Para Villain yang sejatinya adalah Doppleganger (orang yang sama tetapi berbeda Universe) ternyata mampu membuktikan bahwa mereka itu "berbeda" meski tidak ada yang spesial dari desain kostum dan make-up yang mereka pakai. Saya tidak menyangka sebuah Lipstick saja dapat membedakan pesona Supergirl dengan Overgirl XD

Tapiiiiii............

Saya hanya memiliki 1 "kritik" keras yang pada akhirnya membuat saya kurang puas, apalagi jika anda mengikuti serial TV The Flash. Apakah saya harus menyalahkan Barry Allen (lagi) ???

Part 1 : Best Wedding Ever!!!


Setelah mengalami berbagai hambatan (terutama ending season 3 dari The Flash) akhirnya Barry Allen akan menikahi Iris West, semua persiapan sudah dilakukan dan undangan mulai disebar ke berbagai tamu "spesial" yang berasal dari berbagai tempat yaitu Oliver Queen (Arrow) dari Starling City, Kara Danvers (Supergirl) dari Earth-38, dan para Legends yang lokasinya selalu berpindah-pindah. 

Para tamu tetap memenuhi undangan ini meskipun mereka sendiri sedang mengalami masalah masing-masing (Oliver yang ingin menikahi Felicity, Kara yang galau karena ditinggal kawin Mon-El, Legends yang masih mencoba memperbaiki Timeline), memang persahabatan mereka sungguh sangat erat.

Sayangnya upacara sakral ini diganggu oleh beberapa individu yang berasal dari Earth-X yang dipimpin oleh sosok yang menyerupai Arrow dan Supergirl. Kira-kira apa tujuan mereka merusak upacara pernikahan ini ???


Part 2 : Tertangkapnya Para Pahlawan


Di episode ini terungkap bahwa ada total 52 Universe dengan satu pengecualian yaitu Earth-X, sebuah universe dimana Nazi menang dan menguasai dunia dengan kejam, tujuan mereka melakukan invasi ke Earth-1 adalah untuk mencuri generator yang disebut "The Prism" yang akan mereka gunakan untuk mengobati jenderal mereka yaitu Overgirl yang kondisi tubuhnya sedang sekarat karena terlalu banyak terkena radiasi sinar matahari dan membutuhkan donor yaitu Kara Danvers!!! . Para Nazi dari Earth-X ini dibantu sosok misterius yaitu Eobard Thawne (Reverse Flash) yang berasal dari Earth-1!!!

Tunggu dulu, bukannya Eobard Thawne sudah mati (berkali-kali) ???

Dengan taktik yang jitu, akhirnya para Superhero ini berhasil ditangkap dan dibuang ke Concentration Camp yang berada di Earth-X. Membuat Earth-1 menjadi sasaran empuk bagi Earth-X.

Part 3 : Bantuan yang Tidak Terduga


Dengan ditangkapnya semua Superhero dan Kara Danvers yang siap untuk menjadi donor bagi Supergirl. Nasib bumi bergantung pada 2 orang wanita yang keberadaannya sangat dibenci oleh para fans yaitu Felicity dan Iris !!!

Karena saya tidak mengikuti serial TV "Arrow" jadi saya tidak mengerti mengapa Felicity sangat dibenci (di mata saya dia terlihat OK), tapi lain cerita untuk Iris yang aksinya selalu menyebalkan.

Di Earth-X, para Superhero mendapat bantuan dari Freedom Fighter yaitu Ray Terril (The Ray) dan pacarnya yaitu Leo (Doppleganger dari Leonart Snart). Dan Iya, (lagi-lagi) Arrowverse "berhasil" memperkenalkan pasangan LGBT untuk para penonton, harap siapkan mental karena nantinya akan ada adegan ciuman Ray dengan Leo.


(Sambut pasangan terbaru di Arrowverse XD)

Di sini juga terlihat sebuah "senjata kiamat" para Nazi yaitu sebuah kapal luar angkasa "Wellenreiter" yang bentuknya nyontek abis dari Waverider para Legends XD.


Dan bersiaplah karena di episode ini akan ada tokoh yang mati :'(

Part 4 : Superhero VS Nazi


Inilah panggung akhir yang akan menentukan nasib Earth-1, siapakah yang akan jadi pemenangnya ??? Lalu bagaimana dengan nasib pernikahan Barry dan Iris ???

Mulai di bawah adalah SPOILER kelas berat jadi WASPADALAH!!!!

Farewell Professor Stein


Beberapa bulan yang lalu sempat beredar kabar bahwa Victor Garber, aktor yang memerankan Martin Stein a.k.a Firestorm akan mengundurkan diri dari serial ini, mulai dari sini para fans mulai bisa menebak kemungkinan bahwa karakter ini akan "dimatikan" dan ternyata memang benar walaupun bagi saya terlihat cukup dipaksakan.

Jadi di Legends Of Tomorrow season 3 Lily (anak Stein yang tercipta karena Stein memotivasi dirinya di masa lalu agar lebih memperhatikan istrinya) hamil dan hal ini membuat Stein mulai bolak-balik agar bisa menemani anaknya, hal ini membuat partner-nya Jefferson menyarankan agar mereka mencari cara untuk memisahkan Firestorm dari tubuh mereka.

Saat Crossover ini dimulai, dengan bantuan dari S.T.A.R Labs Stein berhasil membuat ramuan yang bisa memisahkan Firestorm dari tubuh mereka, tidak lupa juga Stein membuat ramuan lain agar nantinya Jefferson dapat mendapat kekuatan super yang lain (Jefferson mengira bahwa dia akan menjadi Spider-Man XD), sayangnya para Nazi sudah mulai menyerang sebelum mereka mencoba ramuan tersebut.

Dan nantinya, Stein ditembak salah satu Nazi saat dia mencoba membuka portal menuju Earth-1.


(NO!!!!!)

Dari satu sisi saya harus memuji writer episode ini karena mampu "merusak" nasib Stein dengan cara yang tidak diduga, tapi ironisnya hal ini malah membuat "pengorbanan" Stein menjadi tidak memorable karena dia mati ditembak begitu saja.

Reverse Flash Oh Reverse Flash....

Inilah penyebab utama saya tidak bisa menikmati Crossover kali ini meskipun akting Tom Cavanagh harus diacungi jempol karena bisa membuat saya nostalgia dengan Villain terbaik dari serial The Flash ini, padahal akan lebih baik jika crossover kali ini membuat Eobard Thawne berdasarkan Earth-X (bisa saja backgroundnya adalah ilmuwan Nazi yang gemar melakukan eksperimen pada manusia) atau 52 Universe lain yang tersedia, membuat Eobard berasal dari Earth-1 dan datang ke Earth-X dengan alasan yang sepele (Time Travel) adalah sebuah kesalahan fatal yang tidak bisa saya maafkan.


(Cih, alasan macam apa ini)

Sekedar pengingat bahwa Eobard Thawne itu tidak hanya sekedar mati, tapi dia sudah dihapus dari dunia (Existence) karena ulahnya sendiri.

Di Flash Season 1, dia dihapus karena leluhurnya (Eddie Thawne) melakukan bunuh diri yang menyebabkan Eobard tidak akan pernah lahir di dunia ini!!!


(mati ke-1)

Dan karena ulah Barry "merusak" timeline di season 3, Eobard kembali hidup walau harus diburu oleh Time Wraith dalam bentuk Black Flash, untuk menanggulangi hal itu dia berkelana mencari sebuah Artifak "Spear Of Destiny" yang mampu merubah realitas. Sayangnya usahanya berhasil digagalkan oleh para Legends yang membuatnya mati "dihapus" oleh Black Flash, jadi sudah jelas jika kematian Eobard adalah sesuatu yang seharusnya permanen.


(mati ke-2 dst)

Nah di situ masalah dari crossover ini, gak ada hujan gak ada angin tiba-tiba Eobard bisa hidup kembali dan bekerjasama dengan para Nazi, bahkan terlihat bahwa Eobard adalah yang terkuat diantara para Nazi karena Dark Arrow hanya manusia biasa dan Overgirl tubuhnya melemah. Untungnya di sini peran Eobard lebih ke "pria di balik layar" karena dialah yang menyarankan Overgirl untuk mencari donor berupa Supergirl dan nantinya akan membedah Kara Danvers.

Yang semakin bikin kesel, Eobard bercerita pada Kara bahwa dia pernah melawan sepupunya (Superman) dan "menang" (Eobard hanya mengatakan bahwa dia lebih cepat daripada Superman, kemungkinan besar hal ini terjadi di original Timeline sebelum Eobard pergi membunuh Barry di Season 1 The Flash), hal ini semakin memperjelas bahwa Eobard tidak akan mati diwaktu dekat.


(serius pernah melawan Superman ???)

Lebih kesel lagi adalah saat pertarungan final Flash VS Reverse Flash dimana Barry memilih untuk TIDAK membunuh Reverse Flash MESKIPUN DIA BISA!!!, padahal Dark Arrow dan Overgirl mati dibunuh oleh Arrow dan Supergirl. Sungguh sebuah adegan yang "ada-ada saja".


(WHY BARRY WHY ???)

Hal ini kembali menandakan bahwa ada kemungkinan Reverse Flash akan kembali menjadi Villain di masa depan, sayang sekali karena Season 4 dari The Flash saat ini sedang mencoba menjauh dari Villain utama Speedster yang sebelumnya mendominasi serial ini selama 3 season.

Terus dimana peran Speedforce saat semua hal ini terjadi, padahal di season-season sebelumnya Speedforce terlihat sangat agresif dalam memburu para Speedster yang "merusak" Timeline ???

Dengan logika yang sama, saya berhak berharap jika suatu saat Zoom akan kembali, masa cuma Flash dan Reverse Flash saja yang diberi "kesempatan kedua" oleh Speedforce ????

Conclusion

Arrowverse kembali menunjukkan betapa mudahnya melakukan crossover antar Superhero yang "tetangga sebelah" saja tidak mau melakukannya sampai saat ini XD, dengan tema Nazi dan akting memukau dari para aktor/artis yang ada tidak heran jika crossover kali ini mampu menaikkan rating Arrowverse dan meraih banyak review positif dari berbagai pihak.

Kelemahannya cuma satu : Reverse Flash yang semakin memberi kesan bahwa writer serial ini semakin kehabisan akal dan lupa dengan apa yang sebelumnya mereka perbuat (Menyatukan konsep Time Travel dengan Multiverse). Oleh karena itu saya akan mengurangi nilai saya untuk Crossover kali ini menjadi.....

My Score
60, I Hate Nazi and also Time Travel...