Mohon tunggu...
Wyndo Mitra Buwana
Wyndo Mitra Buwana Mohon Tunggu... -

Entrepreneurship, Technology, and Digital Marketing.

Selanjutnya

Tutup

Money

Belajar Bisnis Online : Perbedaan Bisnis Online C2C, B2C, dan B2B

20 Desember 2013   20:09 Diperbarui: 24 Juni 2015   03:41 7786 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Bagi anda yang ingin membuat toko online, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum menjadi pengusaha online, yaitu perbedaan antara bisnis online C2C, B2C, dan B2B. Mari kita sama-sama belajar bisnis online tersebut agar kita tahu bisnis apa yang akan kita jalani.

1.C2C

Bisnis online C2C adalah bisnis yang menyediakan marketplace bagi konsumen untuk melakukan transaksi penjualan dan pembelian secara online. User dapat menampilkan barang dagangannya di situs C2C agar user lainnya dapat melihat dan tertarik untuk membelinya. Jadi, C2C itu menjadi perantara antara penjual dan pembeli. Contoh bisnis C2C  di Indonesia adalah kaskus, tokopedia, bukalapak, tokobagus, dan masih banyak lagi.

2.B2C

Bisnis online B2C itu sama seperti supermarket dimana anda memiliki produk untuk dijual, memiliki gudang untuk stock barang, jika ada pembelian, barang tersebut harus dikirim ke customer yang membelinya, dan yang membedakan dengan supermarket adalah ini dilakukan secara online. Contoh bisnis B2C di Indonesia adalah Lazada, zalora, bhinneka, dan lain-lain.

3.B2B

Bisnis online B2B adalah bisnis yang menyediakan jasa bagi customernya. Contohnya seperti shopify yang menyediakan jasa untuk membuat website toko online tanpa menggunakan skill coding. Jadi, anda dapat membuat toko online dengan sangat mudah.

Semoga dengan beberapa penjelasan di atas kita semua dapat belajar mengenai bisnis online. Untuk marketingnya, anda dapat menggunakan media sosial yang sudah populer, seperti twitter, facebook, instagram, dan masih banyak lagi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan