Kabar membahagiakan yang diterima selain pernikahan adalah ketika teman melahirkan. Rasanya turut senang dengan berkah yang tengah di anugerahkan kepadanya. Inginnya bisa mengunjungi setiap teman pasca melahirkan walau pada kenyataannya hanya bisa terwujudkan kepada yang terdekat.
"Alhamdulillah proses kelahiran dan ketika kehamilannya lancar. Sebelumnya Kami sempat khawatir soal biayanya, untung ada BPJS yang mengcover apalagi di kelahiran kedua ini harus caesar. Tak terbayang kalau ga ada BPJS.." ujar teman Saya bercerita mengenai proses kelahirannya.
"Syukurlah..jadi dengan adanya BPJS ini sangat membantu sekali ya ?" Tanya Saya.
"Tentu saja sangat membantu, dulu waktu si kakak (anak pertamanya) sakit dan harus di opname, biayanya juga di tanggung BPJS. Prosesnya ga dipersulit selama dokumen yang dibutuhkan lengkap." Jawabnya.
Sepenggal percakapan Saya dengan teman yang sudah sangat dirasakan betul manfaat keberadaan BPJS. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan yang sebelumnya adalah perusahaan asuransi yang di kenal sebagai PT Askes. Hadir untuk masyarakat Indonesia dengan berbagai program yang telah membawa manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan tingkat pertama dan pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan.
BPJS KESEHATAN MELAYANI NEGERI
BPJS sebagai pengelola yang memberikan layanan kesehatan memiliki program yang dikenal dengan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) yang resmi diluncurjan sekitar tahun 2014 dan sifatnya universal juga menyeluruh. Dalam program JKN ini peserta memiliki KIS (Kartu Indonesia Sehat).
Masih banyak masyarakat yang belum begitu paham tentang pentingnya kepemilikan JKS dan KIS. Padahal program pemerintah ini sebagai bentuk antisipasi dari kerawanan risiko finansial saat jatuh sakit yang dapat dialami siapa saja. Setidaknya ada 3 alasan kenapa sebuah keluarga harus terdaftar dalam program JKN KIS:
1. Sebagai amanah atau mandat UU
2. Terlindungi saat sakit separah apapunÂ
3. Membantu keluarga lain yg kurang mampu.
Menggaungkan tagline #BPJSKesehatanMelayaniNegeri Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan ini terus berupaya untuk meningkatkan pelayanannya kepada seluruh peserta dengan melakukan berbagai inovasi sehingga memudahkan peserta dalam mengakses layanan kesehatan. Semangat melayani menjadi cerminan yang diterapkan oleh BPJS Kesehatan. Beberapa inovasi yang telah dilakukan BPJS Kesehatan dari sisi pelayanan meliputi Aplikasi Mobile JKN, CSTI (Costumer Service Time Index), dan Kader JKN.
Aplikasi Mobile JKN merupakan terobosan teknologi berbasis digital dari BPJS yang memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses segala hal dalam pelayanan kesehatan BPJS. Melalui apilkasi Mobile JKN ini, masyarakat dapat dengan mudah melakukan pendaftaran JKN KIS, mengetahui informasi data peserta dan keluarga, mengetahui informasi tagihan iuran peserta, mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan dengan mudah, dan menyampaikan keluhan, ataupun pertanyaan seputar JKN KIS.