Mohon tunggu...
Syarifah Lestari
Syarifah Lestari Mohon Tunggu... www.iluvtari.com

iluvtari.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Donasi Kok Malah Merusak Hati

5 Oktober 2020   18:37 Diperbarui: 5 Oktober 2020   18:40 78 13 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Donasi Kok Malah Merusak Hati
ilustrasi donasi (kompas.com)

Aku kagum pada mereka yang suka membantu dan sabar menghadapi orang yang kecanduan untuk selalu dibantu.

Dalam salah satu teorinya, temanku yang dipanggil suhu karena pengetahuan dan pengalamannya di dunia blog pernah bilang, "Robot Google itu meniru manusia. Dia menyesuaikan dengan kebiasaan kita, dan blablabla sekian banyak teorinya."

Dari apa yang akan kusebutkan berikutnya, aku pun setuju. Google memang meniru manusia. Kecerdasan buatan, kan!

Beberapa teman yang mampir ke blogku ada yang komplain. Kok ada iklan pesugihan? Ada iklan judinya! Dll.

Ini mirip dengan kasus iklan pada laman belajar anak. Atau dulu waktu iklan "aneh aneh" muncul di beranda FB, lalu yang buka sibuk menuding pemilik akun.

Ketika kukunjungi blogku sendiri, iklan yang muncul adalah platform menulis fiksi yang menjanjikan honor untuk episode premium. Ada juga iklan hosting, tools SEO, dan macam-macam lagi. Tidak satu pun iklan pesugihan maupun judi.

Oh ada iklan trading, tapi hanya sebentar. Ketika semua web, termasuk Kompasiana, yang terhubung dengan Google Adsense menampilkannya.

Baca juga: Suami-Suami Kaya

Sekarang yang sering kelayapan di dunia maya mulai mikir kalau mau komplain soal iklan. Sebab kerap kali iklan itu muncul di hadapannya, tapi tidak di gawai orang lain. Kita tau jawabannya.

Yup, iklan yang muncul menyesuaikan dengan minat kita. Tenang, ini bukan tuduhan. Google bisa menjejak hasil ketikan kita, bisa pula menyesuaikan dengan minat orang yang terhubung dan erat dengan kita.

Maka robot ini kemudian menampilkan hal-hal yang kemungkinan menarik perhatian kita. Bukan selalu berarti hasil pencarian, tapi apa saja yang mungkin tak sengaja terklik, lokasi akses internet, termasuk yang diminati orang-orang yang berinteraksi dengan kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN