Mohon tunggu...
Cahyo Prabowo
Cahyo Prabowo Mohon Tunggu... Konsultan - Enjo, Sederhana, Rendah Hati
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Broadcast Journalism,Komunikasi Industri Media, Infomatika dan Media Online / media baru (new media) Indonesia, Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Youtube, Netflix, Televisi Berjaringan Koneksi Internet

13 September 2019   12:54 Diperbarui: 13 September 2019   12:59 151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Media komunikasi adalah semua sarana yang dipergunakan untuk memproduksi, mereproduksi, mendistribusikan atau menyebarkan dan menyampaikan informasi. Media komunikasi sangat berperan dalam kehidupan masyarakat. Proses pengiriman informasi di zaman keemasan ini sangat canggih. Teknologi telekomunikasi paling dicari untuk menyampaikan atau mengirimkan informasi ataupun berita karena teknologi telekomunikasi semakin berkembang, semakin cepat, tepat, akuran, mudah, murah, efektif, dan efisien.

Berbagi informasi antar benua dan negara dibelahan dunia manapun semakin mudah.Media massa merupakan istilah yang digunakan untuk mempertegas kehadiran suatu kelas, seksi media yang dirancang sedemikian rupa agar dapat mencapai audiens yang sangat besar dan luas (yang dimaksudkan besar dan luas adalah seluruh penduduk dari suatu bangsa/negara).Lantaran adanya masyarakat massa dengan budaya massa itulah media massa sering mengabaikan keberadaan individu dalam masyarakat yang dianggap hanya sebagai "atomisasi" yang tidak mempunyai koneksi sosial di antara anggota massa.

Kelompok mengambang inilah yang tak mempunyai karakter tertentu sehingga mudah dijadikan sebagai sasaran tembak media massa modern melalui teknik periklanan dan propaganda.Media massa modern memiliki ciri, yaitu sumber dapat mentransmisikan pesannya kepada banyak penerima (melalui SMS atau internet misalnya), isi pesan tidak hanya disediakan oleh lembaga atau organisasi namun juga oleh individual, tidak ada perantara, interaksi terjadi pada individu, komunikasi mengalir (berlangsung) ke dalam, dan penerima yang menentukan waktu interaksi. Dalam hal ini internet dan handphone termasuk kedalam media massa modern.Perbedaan internet dibanding media komunikasi klasik dapat dilihat dari dua sisi, yaitu penggunanya oleh komunikator dan komunikan serta sisi karakteristik internet sebagai media komunikasi.

Kini kemajuan teknologi komunikasi, semakin banyak orang menggantungkan hidup pada media sehingga teknologi media sangat mempengaruhi audiens dan khalayak luasnya.Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin pesat dewasa ini, telah membuat dunia terasa makin luas dan ruang seolah menjadi tak berjarak lagi. Mulai dari wahana teknologi komunikasi yang paling sederhana berupa perangkat radio dan televisi hingga komputer dan telpon genggam dengan aplikasi tanpa kabel, membuat informasi dan perdagangan berkembang dengan sangat cepat.

Perubahan informasi kini tidak lagi dalam jangka minggu atau hari bahkan jam melainkan sudah  berada dalam skala menit bahkan detik dan ini dapat diperoleh melalui sumber informasi yang disebut internet.Internet memang menyediakan suatu ruangan bagi khalayak untuk berekspresi, baik lewat tulisan, video, gambar, suara ataupun gabungan keempatnya namun tidak semua konten dalam internet memiliki nilai kepentingan untuk dikethui oleh khalayak.Internet bukan hanya sekedar saluran komunikasi modern, namun juga merupakan rumah baru bagi kelompok-kelompok sosial yang tersegmentasi. Berbagai forum dan komunitas terbentuk dan berkembang melalui kehadiran internet.

Indonesia sendiri telah memasukin Industri 4.0, Industri Content Kreatif, Era Keterbukaan Informasi Publik, Era Digitalisasi Media, Era UU ITE, Era Bebas  Berpendapat namun tetap mematuhi hukum berlaku di Indonesia,Era Media Online (daring) lebih mudah,cepat,terbaru. Begitu pula sekarang ini masyarakat Indonesia sudah mulai menggunakan media online (Daring) positif dan kreatif untuk kehidupan lebih baik.Salah satunya ialah Youtube.Siapa yang tak mengenal Youtube ini,Youtube sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005.

Situs web ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video.Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna/kreator, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu, konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan juga ada dalam situs ini.Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu, Pemasaran Produk yang mau dijual,terbitkan kepublik (luas) dan juga lainnya serta perusahaan-perusahaan media lainnya.

Pengguna tak terdaftar dapat menonton video di Youtube, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video kreatif dalam jumlah tak terbatas. Video-video yang dianggap berisi konten ofensif,kreatif hanya bisa ditonton oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih.Sebagian masyarakat Indonesia telah bergeser menonton siaran televisi dan juga sudah mulai menggunakan youtube untuk membuat video creatifnya,prank,vlog,pemasaran produk,review produk dll menggunakan youtube.Dalam hal ini Youtube,Netflix,Iflix,HOOQ,Genflix,Prime Video,televisi digital dll sebagai bagian televisi berjaringan koneksi Internet karena menggunakan siaran streaming digital Internet pada industri Televisi live streaming Internet (online).

Penulis

R Cahyo Prabowo,S.Ikom, M.Ikom

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun