Ina Tanaya

Blogger, Lifestyle Blogger https://www.inatanaya.com/

Jepang Negara Seribu Kuil

26 Mei 2019   08:16 Diperbarui: 8 Juni 2019   13:28 67

Saya sudah bermimpi sebelum meninggal untuk mengunjungi negara Jepang.   Sewaktu muda saya sempat bekerja di suatu perusahaan multi nasional Jepang yang tenaga kerjanya banyak sekali orang Jepang.  Namun, karena gaji saya kecil, saya belum mampu untuk mengunjungi Jepang yang saya impikan itu.

Kesempatan yang baik kali ini saya pergunakan untuk berangkat ke Jepang dalam waktu singkat tetapi padat dengan acara.

Perjalanan ke Jepang cukup melelahkan bagi saya . Dari Jakarta berangkat pukul 7 pagi dan sampai ke Haneda International pukul 16.00 waktu Tokyo.  Dari Haneda saya harus menunggu 4 jam untuk terbang ke Osaka Kansai International aiport.

Tiba di Osaka Kansai pada pukul 23.30.  Pilihan yang tepat untuk menginap adalah hotel ala kabin yang bernama First Cabin. Lokasinya sangat mudah dijangkau hanya berjalan kaki dari kedatangan domestik sekitar 20 menit.

First Cabin adalah akomodasi yang menyediakan tempat bagi para pelancong yang harus transit melanjutkan perjalanan , tiba terlalu malam hari atau harus berangkat pada subuh.  Mengingat bahwa Osaka Kansai Airport itu terletak di sebuah pulau yang jauh dari baik kota Osaka maupun kota lainnya.

Tetapi hebatnya di Osaka Kansai Airport itu terintegrasi dengan akomodasi yang sangat canggih di Jepang yaitu kereta cepat. Bahkan fasilitas yang sangat lengkap mulai dari hotel, tempat makan yang lengkap, sampai pada tempat souvenir, parkir luas dan penjualan JR tiket (kereta api).

Esok harinya kami membeli tiket kereta api di JR Counter yang letaknya di lantai 2F di Airport Kansai.  Sangat sistimatis penjualannya. Dibagi antara foreigner dan orang Jepang. Bagi foreigner, diminta penjelasannya mau kemana saja supaya direkomendasikan tiket.

Karena kami akan ke Kyto dan berbagai kota sekitar Kyoto maka ada 2 tiket kereta yang harus dibeli. Pertama ada JR Pass untuk Airport Kansai -- Kyoto pulang pergi  dan yang kedua adalah IOCA untuk tiket yang dapat di "top up " perjalanan ke kota-kota maupun bus.

Perjalanan dengan kereta Haruka sangat nyaman sekali.  Jarak tempuh dari Airport Kansai menuju ke Kyoto hanya 1 jam.  Kereta bersih dan tidak ada suara berisik.

Tiba di Kyoto Stationkami segera ke tempat akomodasi hostel , NIHON-KAN .    Berhubung waktu check-in pukul 16.00 sedangkan kami tiba di sana baru pukul 11.00 kami titipkan koper kami saja.

Perjalanan kami dimulai esoknya .  Acara yang akan kami kunjungi adalah 4 temple atau kuil dan satu istana Kaisar yang berada di Kyoto area.   4 kuil itu adalah Kinkakuji Temple, Kiyomizu-dera Temple, Nijo Castle , Sanjusangendo Temple dan satu tempat yang disebut dengan Imperial Palace.