Mohon tunggu...
Ina Tanaya
Ina Tanaya Mohon Tunggu... Penulis Lepas, Blogger dan Bidang Sosial

Blogger, Penulis , Traveller

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Menemukan Passion Bagaikan Menemukan Berlian

3 April 2019   18:55 Diperbarui: 8 April 2019   16:01 0 11 8 Mohon Tunggu...
Menemukan Passion Bagaikan Menemukan Berlian
Ketapesl Bersama Tesya, Rita & Rene : Dok Pri

"If you don't know what your passion is, realize that one reason for your existence on earth is to find it."
- Oprah Winfrey

Apa benar nih menemukan passion bagaikan menemukan berlian? Apakah bukan terlalu metafora kalimat ini? Seakan-akan sulit banget sih menemukan passion itu. Ada pula yang beranggapan bahwa passion sama dengan hobi.

Sebagian besar orang masih bingung dengan perbedaan antara passion dan hobi. "Tidak ada bedanya!" komentar teman sesama penulis.

Hobi adalah sesuatu yang kita lakukan demi menyenangkan diri kita sendiri. Hanya sebatas itu saja tidak ada embel-embel berikutnya. Sedangkan passion adalah sesuatu yang membuat kita berapi-api atau bersemangat menggebu-gebu untuk melakukannya.

Ada motivasi dasar yang mendorong kita untuk terus melakukan dan melakukan terus menerus. Passion membuat orang yang melakukannya bahagia untuk dirinya sendiri dan juga membahagiakan orang lain.  

Kadang-kadang orang mencampuradukkan passion sebagai pekerjaan. Seorang menganggap saya bekerja sebagai penyanyi karena saya sudah menemukan passion saya. 

Di sini perlu di-explore lebih dalam apakah dia melakukan pekerjaan itu demi karier sebagai penyanyi karena dunia entertainment yang glamour, sangat menjanjikan, atau memang dia anggap menyanyi itu suatu kesenangan untuk menghibur orang lain atau dirinya sendiri.

Passion adalah suatu energi dari dalam diri kita untuk melakukan sesuatu. Passion adalah sesuatu yang kita cintai, kita rasakan dan kita tidak dapat hidup tanpanya. Paling tidak kita akan melihat kelekatan terhadap passion itu dalam kehidupan kita. 

Energi positif yang timbul setiap kali ingin bekerja. Ketika bekerja kita tidak bisa berhenti sebelum selesai. Bahkan orang yang bekerja dengan passion hampir tidak merasakan kejenuhan setiap harinya bekerja dari pagi hingga malam. Tiba-tiba hari sudah berganti malam dan tak ada energi positif yang hilang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN