Mohon tunggu...
Ina Tanaya
Ina Tanaya Mohon Tunggu... Penulis - Ex Banker

Blogger, Lifestyle Blogger https://www.inatanaya.com/

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Sehat dan Produktif di Usia Senja

14 Maret 2018   19:16 Diperbarui: 14 Maret 2018   19:39 434
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selama bekerja saya hampir tidak pernah berolahraga. Alasannya adalah tidak ada waktu untuk olahraga. Pagi-pagi buta sudah berangkat bekerja, pulang sudah malam hari.  Namun, ini adalah alasan klasik.  Mestinya week end, Sabtu dan Minggu bisa digunakan untuk olahraga. Tapi alasan malas membuat saya tak pernah olahrga selama masih bekerja.

Demikian juga pola makan yang sehat memang saya akui agak terlambat diterapkan. Ketika bekerja, saya merasa tidak ada waktu untuk memasak makanan sehat dari rumah karena saya belum berkeluarga dan hidup sendiri saja.lebih baik beli makanan daripada memasak.

Untuk makanan sehari-hari, saya selalu membeli baik itu di foodcourtatau dari restoran jika masih punya uang, atau kadang-kadang beli di restoran kaki lima jika uang sudah tidak ada lagi. Nach, akibatnya saya pernah masuk rumah sakit dengan diagnosa sakit hepatitis A , diikuti dengan komplikasi dari obat yang diberikan oleh dokter karena tingginya dosis. Hal ini menyebabkan usus saya mengalami gangguan usus yang disebut dengan IBS (Irretable Bowel Syndrome) . Saya harus hidup berdamai dengan penyakit ini. Tidak ingin hidup dengan kekecewaan karena tidak bisa makan berbagai makanan yang enak, tetapi saya tetap bisa menikmati hidup dengan apa yang diperbolehkan dan diasup oleh tubuh.

Hikmah dari sakit ini, saya merubah pola makan yang tidak sehat menjadi sehat. Saya tidak lagi jajan di luar kecuali jika saya ada undangan dari luar . Pola makanan sehat saya berlakukan, demikian juga untuk menjaga stamina badan tetap sehat, saya ikut serta senam tiap pagi hari dari jam 6.00 hingga 7.30. Selain senam, saya menulis yang merupakan passion saya. Passion ini membuat hidup saya lebih seimbang. Mind saya bekerja semaximal mungkin, body saya juga berlatih secara konsisten tiap hari dan soul atau jiwa saya berkembang melatih terus untuk mendapatkan pengetahuan baru, kepekaan hidup dalam mengisi spiritual.

Passion yang saya jalani saat ini adalah menulis. Dalam menulis saya bisa membantu memberikan pencerahan baik itu berupa tips hidup sehat dan sempurna setelah mengikuti acara talk show kesehatan di beberapa rumah sakit. Juga saya dapat menuangkan dan berbagi ide untuk parenting , informasi yang bermanfaat bagi perempuan dan ibu rumah tangga tentang energi berbagi tentang kenaikan harga listrik; berbagi tentang membangkitkan minat baca dengan e-perpustakaan; berbagi tentang bagaimana membuat video setelah saya belajar dari workshop dimana saya peserta tertua; Gaya hidup untuk pelestarian lingkungan hidup dengan hidroponik sederhana.

Berikut adalah tips sederhana untuk hidup sehat dan produktif di usia senja:

Setiap hari usahakan olahraga, minimum 30 menit . Olahraga disesuaikan dengan usia tubuh. Jika sudah berusia 50 tahun  ke atas, jangan olahraga berat seperti senam ...., cukup dengan senam tera.

Pola makan sehat dan nutrien yang tinggi:

  • Karbohidrat kompleks seperti nasih merah, roti gandung, ubi, jagung dan singkong.
  • Ikan alias protein. Fungsinya sebagai zat pembangun
  • Lemak:  pilih yang sehat, konsumsi lemah yang tidak digoreng.
  • Air:  Air adalah nutrien. Tanpa air kita tidak akan hidup. Lebih dari dua pertiga, tubuh kita adalah air dan semua proses metabolisme di tubuh ktia berlangsung dalam media cair.
  • Vitamin:  Tubuh memerlukannya walaupun dalam jumlah kecil. Vitamin vital dalam kehidupan dalam proses pengolahan energi yang normal.
  • Mineral: dibutuhkan untuk kontraksi otot, pekerjaan saraf, produksi hormon, bahan baku tulang dan sebagainya.

Mengerjakan pekerjaan yang disukai di masa senja sesuai dengan passion, misalnya merawat tanaman, menulis , mengunjungi teman-teman yang sakit.

Rawatlah Pikiran kita agar tetap tenang dan mengelola stres dengan baik.

Selamat melakukan kegiatan produktif di usia senja dengan sehat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun