Mohon tunggu...
Suyatno Suyatno
Suyatno Suyatno Mohon Tunggu... -

Dosen Universitas Negeri Surabaya untuk Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Telah menulis 12 buku sastra dan pendidikan sampai 2012. Aktif di Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Timur.

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Katakanlah Aku Indonesia

21 Juli 2016   18:24 Diperbarui: 21 Juli 2016   18:45 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

Katakanlah Aku Indonesia

Oleh Suyatno

Katakanlah aku Indonesia
Muncullah genggaman hati semesta
Tahan goncangan dari segala arah
Tahu persis mana kulit mana mata
Darah dan air mata tanah air kita

Seribu tipu tiada mampu
Merupa sara tanpa mutu
Karena kita beribu
Indonesia harus bersatu

Lalu mengapa harus menjual air mata?
Jika makna terdalam sudah berkata
Ini tanah bersama
Yang kadang luka kadang bahagia

Katakanlah aku Indonesia
Ikatkan nalar di tanah surga
Tanpa curiga meski berduka
Karena kita bersama


Tahan kata kalau berujung fitnah
Tahan mata kalau berhulu duka
Tahan jiwa kalau bersumber sengsara
Tahan tingkah kalau bersuara nestapa

Katakanlah aku Indonesia
Tenang dan bernalar di udara bangsa
Katakanlah

Ponorogo, 20 Juli 2015

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun