Eki Tirtana Zamzani
Eki Tirtana Zamzani Pendidik

Guru yang mengajar di kelas diperhatikan oleh 25-30 siswa, apabila ditambahi dengan aktivitas menulis maka akan lebih banyak yang memperhatikan tulisan-tulisannya. ekitirtanazamzani.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Muda

Strategi Pemecahan Masalah Polya dalam Belajar Matematika

22 April 2018   17:38 Diperbarui: 22 April 2018   17:50 109 1 0
Strategi Pemecahan Masalah Polya dalam Belajar Matematika
Dokpri

 Lembaga bimbingan belajar The house of trining centre (HTC) Mojokerto mengadakan bimbingan persiapan UNBK matematika bagi siswa kelas XII SMA (9-4-2018). Sumber pembelajarannya berasal dari soal prediksi UN tahun 2018 di blog www.pak-anang.blogspot.com. Selain itu, mereka juga menonton pembahasannya disitus Youtube.

Sebanyak sembilan siswa mengikuti bimbingan belajar hari ini. Mereka datang mulai dari pukul 16.00 -- 20.00 WIB. Ada jam istirahat pada pukul 17.30-18.30 WIB. Sistem pembelajaranya adalah tutor memberikan soal prediksi sebanyak 40 butir. Siswa lalu mengerjakannya dengan melihat arahan yang telah diberikan oleh tutor.

Kami menggunakan strategi pemecahan masalah menurut Polya, How to solve it. Strategi Polya yakni memahami masalah, menentukan rencana, melaksanakan rencana, dan melihat kembali.

Pertama, memahami masalah. Pernyataan verbal dari masalah harus dipahami terlebih dahulu. Soal dipahami terlebih dahulu dengan cara dibaca sampai memahami maksutnya. Setelah itu tutor menuliskan apa saja yang diketahui dalam soal. Kalau bentuknya soal cerita membuat model matematikanya juga. 

Kedua, menentukan rencana. Tutor menyusun kerangka pemecahan masalah di papan tulis untuk menemukan jawabannya. Siswa lalu mencatatnya di kertas.

Ketiga, melaksanakan rencana. Langkah-langkah yang telah disusun oleh tutor di papan tulis. Kemudian dikerjakan oleh siswa disamping soal yang ada di kertas.

Keempat, melihat kembali. Jawaban yang telah ditemukan oleh siswa biasanya langsung ditanyakan kepada tutor sudah betul atau belum. Kalau jawabannya sudah betul. Dia melanjutkan mengerjakan soal berikutnya. Tetapi kalau jawabanya masih salah. Tutor akan memeriksa kembali jawabannya.

Siswa kelas XII sudah membuat group Whatss App. Tujuannya adalah untuk berbagi pembahasan jawaban prediksi UN dengan temannya. Selain itu, siswa juga bisa menonton pembahasannya di Youtube bila sudah pulang dari  les.

Sumber belajar dari internet bisa dijadikan referensi oleh guru dan siswa. Contohnya adalah blog pembelajaran pak-anang.blogspot.com. Banyak netizen (pengunjung internet) yang mengakses blog milik Pak Anang. Menurut situs Alexa.com peringkatnya 68.967 versi dunia. Dan peringkat 968 versi Indonesia. (diakses penulis pada pukul 07.30 WIB, 10/4).


Sementara video pembahasan soal yang dibagikan oleh Ahmad Isroil di YouTuBe sudah ada 11.035 pengunjung yang menontonnya. Sarannya adalah agar link videonya dibagikan kepada siswa yang akan melaksanakan UNBK hari ini. Karena menurutnya sangat bermanfaat sekali bagi mereka. Siswanya di bimbel Ganesha Operation cabang Lamongan Jawa timur juga belajar matematika dari Youtube.    

Eki Tirtana Zamzani, Pengajar Matematika di   The house of trining centre (HTC) Mojokerto