Mohon tunggu...
Mas Han
Mas Han Mohon Tunggu... Penikmat Kopi dan Belajar Menulis

Arkeolog, Peneliti, Penikmat Kopi, Pecandu Senja, Pencinta Telaga, Belajar Menulis

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

KOJIMA, 3 Kebaikan Solusi Puasa Sehat dan Berkah

20 April 2021   12:45 Diperbarui: 20 April 2021   13:23 380 11 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KOJIMA, 3 Kebaikan Solusi Puasa Sehat dan Berkah
KOJIMA, Madu dengan 3 kebaikan solusi puasa sehat dan berkah. Sumber: Dok. Kompasiana

KOJIMA, bukan semata-mata akronim tentang korma, jinten dan madu, tapi juga kata kunci untuk solusi gaya hidup yang sehat, apalagi masa-masa menjalani puasa ramadhan seperti sekarang ini. 

KOJIMA adalah nutrisi penih gizi dan vitamin, minuman yang menjamin kesehatan dan daya tahan tubuh, khususnya yang menjalani puasa ramadhan. KOJIMA, Madu dengan 3 kebaikan yaitu korma, jinten (habbatussauda), dan madu sangat cocok dihidangkan saat buka puasa dan sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari.  

Pembaca kompasiana yang budiman, bisa dibayangkan bahwa dalam KOJIMA, nutrisi penuh gizi yang disajikan dalam bentuk madu itu, mengandung lagi 3 (tiga) kebaikan gizi dari korma, jinten (habatasssauda) dan madu. Dalam 3 (tiga) kebaikan korma, jinten (habbatussauda) dan madu itu sendiri, masing-masing memberi kebaikan atau khasiatnya sendiri-sendiri. 

Baik korma, jinten (habbatussauda) maupun madu, ketiganya kaya nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Lalu, bayangkan bagaimana bila ketiganya dikumpulkan jadi satu, kita bisa meperkirakan atau menghitung sendiri, berapa kebaikan untuk kesehatan tubuh kita yang dihasilkan oleh Kojima. 

Jika, setiap korma, jinten (habbataussauda) dan madu, masing-masing menyumbangkan 10 kebaikan nutrisi, berarti Kojima akan memberikan setidaknya 30 khasiat atau kebaikan nutrisi dalam setiap kemasannya. 

Baiklah, saya contohkan saja beberapa kebaikan tentang korma, jinten (habbatussauda) dan madu, yang penulis kutip dari berbagai referensi berita, sebagai berikut: 

Dikutip dari Merdeka.com, berikut 10 (sepuluh)  khasiat dari korma, yang manis dan lezat itu, sebagai berikut : 

  1. Menjaga kesehatan pencernaan
  2. Mencegah risiko diabetes
  3. Meningkatkan kesehatan tulang 
  4. Mencegah anemia
  5. Meningkatkan kesehatan jantung
  6. Menangkal radikal bebas
  7. Menjaga kesehatan otak 
  8. Membantu menurunkan berat badan
  9. Melancarkan persalinan, dan
  10. Mencegah infeksi

Dari kiriman video di chat WA yang saya terima dari seorang sahabat, dalam video tersebut Ustadz dr. Zaidul Akbar, seorang dokter sekaligus pendakwah Islam dan konsultan kesehatan, menjelaskan bahwa korma mengandung banyak zat besi, dan akan lebih sempurna fungsi zat besi jika terikat oleh vitamin C. "Makan korma, ditambah perasan jeruk nipis dan madu menjadikan kita sehat dan kuat" demikian kata dr. Zaidul Akbar.

Selain zat besi, mineral penting yang terdapat pada kurma, diantaranya: kalsium, sulfur, potassium, fosfor, mangan, tembaga, magnesium dan zink yang bermanfaat bagi kesehatan. Kurma juga mengandung vitamin seperti thiamin, riboflavin, niacin, folate, vitamin A dan vitamin K. (lagizi.com). Dengan banyaknya vitamin dan nutrisi yang ada pada korma, maka pantas saja korma menjadi sajian wajib di setiap bulan puasa Ramadhan. 

KOJIMA, madu dengan 3 bahan herbal korma, jinten dan madu yang kaya nutrisi untuk kesehatan tubuh. Sumber: biggo.biz.id
KOJIMA, madu dengan 3 bahan herbal korma, jinten dan madu yang kaya nutrisi untuk kesehatan tubuh. Sumber: biggo.biz.id
Selanjutnya, kebaikan dalam korma, para ahli sudah banyak menjelaskan tentang kebaikan kurma untuk kesehatan. Dikutip dari klikdokter, berikut 10 (sepuluh) khasiat mengkonsumsi jinten (habbatussauda), sebagai berikut:

1. Mengatasi  peradagangan
2. Menangani alergi
3. Melawan kanker
4. Mengatasi penyakit asma
5. Mengobati ruam dan mengatasi jerawat
6. Bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung
7. Mengobati radang sendi
8. menambah kesuburan pria
9. Mengatasi obesitas
10. Mencegah dan mengobati diabetes 

Yang pasti jinten (habbatassauda) sudah dikenal luas, sebagai obat segala macam penyakit.  Ahli pengobatan Islam, Ibnu Sina dalam sebuah penelitiannya menyebutkan habbatussauda bermanfaat sebagai pengobatan sesak napas, baik karena gejala asma atau karena masalah pernapasan lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan ekstrak herbal dari  habbatussauda dapat meredakan mengi dan batuk-batuk serta meningkatkan fungsi paru-paru. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN