Mohon tunggu...
Wulansari Rahayu
Wulansari Rahayu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Saya adalah pelajar yang sekarang sedang menjalani perkuliahan

wulansari_rahayu2002

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Fungsi Menu dan Fitur-Fitur yang Terdapat pada Myob Account Right Plus V19

9 Juni 2021   15:32 Diperbarui: 9 Juni 2021   15:40 51968
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. pribadi, hasil screenshot

Semakin berkembangnya zaman maka semakin berkembang pula teknologi yang berkembang. Maka semakin banyak juga Aplikasi-aplikasi yang bermunculan yang berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk membantu aktivitas kegiatan manusia baik itu orang yang berkerja kantor maupun masyarakat umum.

Untuk Kali ini saya akan membahas dan menjelaskan mengenai salah satu aplikasi komputer Akuntansu yaitu MYOB Accounting Right Plus 19 menjelaskan fitur-fitur menarik apa saja yang terdapat di MYOB V19, Myob bisa digunakan oleh semua kalangan.

Jika kalian sudah memilki aplikasi MYOB maka tampilan layar depan Myob ketika kalian mengklik akan muncul 5 Layar yang berfungsi..

1.   Open 
         Digunakan untuk membuka data perusahaan yang sudah dibuat sebelumnya.

2.  Create
         Digunakan untuk membuat data perusahaan yang baru beserta dengan Nama Perusahaan, Alamat, Tanggal, Bulan, dan Tahun berjalan pencatatan
         transaksi.

3.  Explore
         Digunakan untuk melihat fitur-fitur apa saja yang dimiliki MYOB jika kita belum membuat atau memiliki data perusahaan.


4.  What's New
         Digunakan untuk melihat versi atau update terbaru yang dimiliki oleh MYOB.

5.  Exit
         Digunakan jika kita ingin keluar dari layar MYOB.

Sedangkan Fitur Utama yang terdapat dalam MYOB Account Right Plus V19 jika kita sudah membuat data perusahaan ada 9 menu, Yaitu:

1. Dalam menu tampilan ACCOUNTS terdapat 3 Fitur yang sering digunakan untuk mencatat transaksi, Yaitu:

a. Account List
         Fitur ini digunakan untuk membuat, menambahkan dan menghapus nama nama akun yang ada dalam catatan transaksi kejadian yang terjadi.

b. Record Jurnal Entry
         Fitur ini digunakan untuk mencatat transaksi yang masuk yang berhubungan dengan Jurnal Umum atau Jurnal Penutup.

c. Transaction Journal
         Fitur ini digunakan untuk melihat seluruh catatan transaksi yang sudah kita buat mulai dari penerimaan, pengeluaran, penjualan, pembelian, dan
     persediaan barang dagang.

2. Dalam menu tampilan BANKING terdapat 5 Fitur yang sering digunakan untuk mencatat transaksi yang berhubungan dengan bank, Yaitu:

a. Spend Money
         Fitur ini digunakan untuk mencatat transaksi yang berhubungan denga pengeluaran kas

b. Bank Register
         Fitur ini digunakan untuk mencatat transaksi yang berhubungan langsung dengan Bank

c. Receive Money
         Fitur ini digunakan untuk mencatat seluruh transaksi yang berhubungan dengan penerimaan kas

d. Print Cheque
         Fitur ini digunakan mencetak cheq yang sudah kita buat

e. Reconcile Accounts
         Fitur ini digunakan untuk mencatat rekonsiliasi bank yang berhubungan dengan kas, hutang, dan piutang.

3. Dalam menu tampilan SALES terdapat dari 3 fitur yang sering digunakan untuk mencatat transaksi yang berhubungan dengan transaksi penjualan
     baik penjualan secara kredit, cash, dan retur penjualan, Yaitu:

a. Sales Register
         Fitur ini digunakan untuk melihat nama customer yang melakukan transaksi penjualan

b. Enter Sales
         Fitur ini digunakan untuk mencatat transaksi penjualan secara kredit, Cash, dan mencatat retur penjualan.

c. Receive payments
         Fitur ini digunakan untuk mencatat pembayaran piutang yang dilakukan secara kredit.

4. Fitur TIME BILLING
         Digunakan untuk mencatat transaksi penjualan, pembelian dengan menguunakan satuan waktu.

5. Dalam menu tampilan PURCHASE terdapat 3. Fitur yang sering digunakan, menu Purchase sendiri digunakan untuk mencatat transaksi yang
     berhubungan dengan pembelian kredit, cash, dan retur pembelian, Yaitu:

a. Purchase Register
          Fitur ini digunakan untuk melihat nama supplier yang melakukan transaksi pembelian

b. Enter Purchase
         Digunakan untuk mencatat transaksi pembelian, kredit, ataupun retur pembelian

c. Pay Bills
        Digunakan untuk mencatat transaksi pembayaran hutang uang dilakukan secara kredit

6. Payroll
        Digunakan untuk mencatat transaksi untuk pembayaran atau penggajian gaji karyawan dengan metode jam, harian, mingguan, bulanan, atau
     tahunan
.
7. Inventory
        Dalam inventory terdapat fitur yang digunakan untuk membuat nama barang, data persediaan barang dagang, yang digunakan untuk mencatat,
    mentetapka, menyesuaikan harga barang berdasarkan persedian sesuai dengan hasil perhitungan barang dagang.

8. Card File
        Menu card file digunakan untuk membuat, mencatat nama pelanggan (Customer), Pemasok (Supplier), menetapkan nilai pajak, mengatur diskon,
    menetapkan kode pajak dari masing masing pengelompokan individu data perusahaan dari customer ataupun supplier

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun