Mohon tunggu...
Isur Suryati
Isur Suryati Mohon Tunggu... Guru - Menulis adalah mental healing terbaik

Mengajar di SMPN 1 Sumedang, tertarik dengan dunia kepenulisan. Ibu dari tiga anak. Menerbitkan kumpulan cerita pendek berbahasa Sunda berjudul 'Mushap Beureum Ati' (Mushap Merah Hati) pada tahun 2021. Selalu bahagia, bugar dan berkelimpahan rejeki. Itulah motto rasa syukur saya setiap hari.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Sinkronisasi PMM, Fitur Baru di E-Kinerja BKN: 3 Hal Penting yang Wajib Diketahui Guru!

1 Juni 2024   21:51 Diperbarui: 1 Juni 2024   22:15 233
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi sinkronisasi PMM dengan E-Kinerja BKN/FB Isur Suryati 

Perhatian para guru! Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) baru saja meluncurkan fitur baru di Platform E-Kinerja Badan Kepegawaian Negara (BKN). Fitur ini bernama Sinkronisasi PMM, dan memiliki tiga hal penting yang wajib kita ketahui:

1. Memudahkan Pemantauan Kinerja

Fitur Sinkronisasi PMM memungkinkan integrasi data kinerja guru dari Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan Platform E-Kinerja BKN. 

Integrasi ini bertujuan untuk menyatukan data kinerja guru yang tersebar di dua platform berbeda, sehingga kepala sekolah dan admin instansi dapat memantau kinerja guru secara lebih mudah dan efisien.

Dengan adanya fitur ini, data kinerja yang sebelumnya terpisah kini dapat diakses secara terpusat. Hal ini memungkinkan pemantauan kinerja dilakukan secara real-time, sehingga setiap perkembangan dan pencapaian kinerja guru dapat langsung terlihat dan dievaluasi. 

Kepala sekolah tidak perlu lagi mengakses dua platform terpisah untuk mendapatkan gambaran lengkap mengenai kinerja setiap guru di sekolahnya.

2. Meningkatkan Akuntabilitas Kinerja

Keberadaan fitur Sinkronisasi PMM juga bertujuan untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja guru. Dengan data yang terintegrasi dan terpusat, pengukuran kinerja dapat dilakukan secara lebih akurat dan transparan. 

Setiap guru dapat melihat dengan jelas bagaimana kinerja mereka diukur dan dinilai, sehingga mendorong mereka untuk bekerja lebih profesional dan bertanggung jawab.

Akuntabilitas yang meningkat ini tidak hanya membantu guru dalam mengembangkan karir mereka, tetapi juga memberikan dampak positif pada kualitas pendidikan yang mereka berikan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun