Mohon tunggu...
Wulan Sari
Wulan Sari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Mengajak Masyarakat Desa Cikahuripan Lembang Produktif di Masa Pandemi

29 Juli 2021   13:20 Diperbarui: 29 Juli 2021   14:15 105 1 0 Mohon Tunggu...

          

Pandemi Covid-19 berlangsung hampir 2 tahun di Indonesia membawa dampak yang semakin serius. Tercatat pandemi dimulai pada Maret 2019 hingga sekarang belum juga usai. 

Dampak yang dirasakan tidak hanya oleh satu sektor saja tetapi seluruh sektor. Upaya terus dilakukan oleh pemerintah guna menekan angka penyebaran virus Covid-19, dimulai dengan adanya istilah PSBB, PPKM Mikro, PPKM Darurat hingga dengan istilah PPKM Level 1-4. 

Kebijakan pemerintah tersebut dirasa belum juga cukup untuk menyudahi situasi ini sehingga masyarakat masyarakat mulai resah karena dampak pandemi berkepanjangan menyebabkan mereka kesulitan dalam perekonomian. 

Adanya virus corona atau yang disebut dengan Covid-19 membuat kondisi perekonomian Indonesia semaki terpuruk. hal tersebut terlihat jelas dari kondisi makro Indonesia dalam beberapa kejadian, yaitu : Pertama, pada bulan April 2020 sekitar  1,5 juta karyawan dirumahkan bahkan terkena PHK. 

Kedua, sektor pelayanan udara kehilangan pendapatan sekitar Rp. 207 M . Ketiga, jumla wisatawan menurun sebanyak 6800 per hari. Keempat covid-19 berdampak pada sektor investasi, perdagangan, usaha mikro, kecil dan  menengah (UMKM). 

Pandemi yang berkepanjangan akan semakin memperburuk perekonomian jika tidak didampingi oleh kreatifitas serta inovasi yang harus masyarakat ciptakan. Pandemi memaksa untuk memiliki jiwa entrepreneur dan berinovasi menciptakan peluang usaha baru sesuai dengan situasi saat ini. 

Permasalahan diindonesia kian bertambah. Masyarakat kecil semakin tertekan untuk menjalani kehidupan ditengah pandemi. Dengan demikian Kegiatan KKN TEMATIK UPI 2021 diharapkan mampu untuk memberikan beberapa solusi untuk membantu meringankan beban masyarakan. 

Kegiatan KKN diantaranya ada beberapa program utama yaitu pendampingan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), memberikan pelatihan fungsional secara daring bagi masyarakat yang di PHK dimasa Covid-19, pemberian dan penguatan keterampilan fungsional berbasis potensi lokal secara daring bagi pengangguran tetap sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta pendampingan secara daring ibu rumah tangga dan calon ibu rumah tangga yang tidak bekerja dalam upaya meningkatkan penghasilan keluarga. 

KKN TEMATIK UPI 2021 mengangkat tema "Membangun desa melalui bidang pendidikan dan ekonomi dalam implementasi MBKM pada masa pandemi (MDBPE-MBKM). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN