Mohon tunggu...
Ahmad Andriyanto
Ahmad Andriyanto Mohon Tunggu... Nuclear Engineer

Engineering-Startup Technology enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tips Memilih Jurusan Kuliah bagi Siswa SMA Kelas 3

27 Agustus 2019   07:45 Diperbarui: 27 Agustus 2019   07:57 229 1 0 Mohon Tunggu...

Menempuh jenjang pendidikan tinggi merupakan keinginan semua orang, tidak terkecuali bagi siswa SMA kelas 3. Masalah yang seringkali dihadapi oleh seorang siswa adalah ketidaktauannya terhadap jurusan kuliah. Memilih jurusan kuliah bagi siswa SMA kelas 3 bukanlah perkara mudah.

Seringkali dengan informasi yang minim, siswa SMA memilih jurusan kuliah berdasarkan popularitas jurusan tersebut. Dampak yang ditimbulkan dari tindakan ini adalah persiapan siswa SMA yang kurang dalam menghadapi perkuliahan nantinya.

Masalah ini dihadapi oleh semua siswa SMA kelas 3, baik jurusan IPA maupun IPS. Dengan berbekal informasi seadanya, banyak siswa SMA yang memilih jurusan kuliah yang mudah. Banyak juga yang memilih jurusan kuliah yang cocok sesuai keilmuannya.

Contoh sederhana adalah siswa yang mengambil keilmuan IPA, dimana sebagian besar siswa memilih jurusan kuliah untuk anak IPA.  Hal ini wajar dikarenakan keilmuan yang dipelajari memiliki dasar yang sama. Namun, tidak sedikit siswa SMA IPA yang memilih jurusan kuliah yang berbeda dengan keilmuannya.

Selain jurusan kuliah, pertimbangan lain adalah kampus penyelenggara. Banyak siswa SMA yang mencari jurusan kuliah berdasarkan kampus seperti jurusan kuliah di UGM, jurusan kuliah di UI, dan seterusnya.  Hal ini wajar dikarenakan kualitas kampus berdampak terhadap kualitas proses belajar.

Pada hakikatnya, terdapat beberapa cara untuk memilih jurusan kuliah dengan benar. Passion dan Talent Mapping merupakan salah satu tips yang menjadi pertimbangan. Berikut ini beberapa tips yang dapat membantumu untuk memilih jurusan kuliah.

  • Kenali Passion
    Tips pertama adalah kenali passionmu. Untuk mengenali passion dapat dilakukan dengan menulis pertanyaan tentang dirimu. Pertanyaan dapat dimulai dari yang sederhana seperti apa kesukaanmu? Apa keahlianmu? Dan lain-lain.

    Kamu juga dapat mengingat kembali cita-citamu. Berawal dari cita-cita, kamu dapat memilih jurusan sesuai cita-citamu. Jika kamu ingin menjadi seorang pebisnis, kamu dapat memulai dengan jurusan kuliah yang cocok untuk bisnis.

    Setelah kamu menemukan berbagai pertanyaan tentang dirimu sendiri, kerucutkan pertanyaan jawaban tersebut berdasarkan porsi. Hasil ini yang bisa kamu jadikan landasan untuk memilih jurusan kuliah dikarenakan keinginanmu menjadi lebih spesifik dari sebelumnya.

  • Ikut Talent Mapping atau Tes Minat-Bakat
    Tips kedua yang dapat dilakukan adalah mengikuti tes talent mapping atau tes minat bakat. Tes ini bertujuan untuk mengetahui bakat dan minatmu. Dengan mengetahui bakat dan minat, kamu dapat lebih mudah dalam menentukan jurusan kuliah.

    Jika kamu adalah orang yang suka mendengarkan dan suka memahami, jurusan kuliah psikologi tentu cocok bagimu. Atau bagi kamu yang menyukai dunia kesehatan, jurusan kuliah kesehatan cocok bagimu. Inilah tujuan dari tes minat bakat, untuk memudahkan kamu dalam menentukan pilihan jurusan kuliah.
     
  • Cari tau Kurikulum dan Mata Kuliah Jurusan
    Tips ketiga yang tak kalah penting adalah mencari tau kurikulum dan mata kuliah jurusan yang kamu inginkan. Tujuan dari hal ini adalah memastikan mata kuliah yang diajarkan pada kampus tersebut sesuai dengan ekspektasimu.

    Selain itu, kamu juga dapat melihat arah pembelajaran dari jurusan kuliahmu. Berbekal informasi tersebut, kamu dapat menentukan bidang yang ingin kamu tekuni nanti seperti apa. Kamu juga dapat mengambil start lebih dulu dibandingkan temanmu yang lain.

  • Cari Kampus dengan Jurusan Sama
    Tips terakhir adalah mencari kampus yang memiliki jurusan yang sama. Jurusan kuliah yang kamu inginkan tentu saja tidak hanya diselenggarakan oleh satu perguruan tinggi saja. Dengan berbekal informasi tersebut, kamu dapat melakukan perbandingan kualitas jurusan yang dimiliki di tiap perguruan tinggi.

    Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah akreditasi jurusan kuliah. Meskipun banyaknya perguruan tinggi yang menyelenggarakan jurusan kuliah tersebut, namun sedikit yang memiliki akreditasi A. Sehingga, kamu dapat dengan mudah menyeleksi jurusan kuliah yang tidak sesuai dengan standarmu.

Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih jurusan kuliah. Memilih jurusan kuliah memang tidak mudah, namun dengan persiapan yang baik, informasi yang banyak, jurusan kuliah yang dipilih dapat lebih spesifik dan sesuai dengan keinginanmu. Semoga dapat membantu!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x