Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Tim-tim Mapan Masih Dominan dan Belum Terhentikan

5 Desember 2022   12:00 Diperbarui: 5 Desember 2022   12:22 215
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diego Maradona, salah satu legenda sepak bola dunia asal Argentina (Sumber: tribunnews.com)

Menilik empat tim yang telah lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2022, nampaknya belum ada kejutan yang berarti di babak 16 besar. Sebab empat tim yang telah lolos ke babak perempat final itu merupakan tim mapan yang memang diunggulkan.

Empat tim yang telah lolos ke babak perempat final tersebut adalah Belanda, Argentina, Inggris, dan Perancis. Siapa pun tahu empat tim tersebut termasuk raksasa sepak bola dunia.

Belanda, kendati belum pernah sekali pun jadi juara Piala Dunia tapi tim negeri kincir angin tersebut sudah tiga kali masuk final Piala Dunia. Yakni di Piala Dunia 1974, di Piala Dunia 1978, dan di Piala Dunia 2010.  

Sedangkan Argentina, Inggris, dan Perancis, ketiganya pernah merasakan mewahnya jadi juara Piala Dunia. Argentina tercatat pernah jadi juara Piala Dunia dua kali. Inggris tercatat pernah jadi juara Piala Dunia satu kali. Sedangkan Perancis sama dengan Argentina. pernah jadi juara Piala Dunia dua kali.

Selain karena prestasi mereka di Piala Dunia, Belanda, Argentina, Inggris, dan Perancis merupakan tim mapan karena keempatnya memiliki banyak pemain berkualitas dan menjadi legenda sepak bola dunia.

Belanda misalnya, pernah melahirkan banyak legenda sepak bola dunia. Sebut saja seperti Johan Cryuff, Ruud Gullit, Marco van Basten, Frank Rijkaard, Ronald Koeman, Dennis Bergamp, dan lain-lain.

Kemudian Argentina. Siapa yang tidak pernah mendengar nama Diego Maradona? Dialah salah satu legenda sepak bola dunia yang pernah dilahirkan Argentina. Selain itu Argentina juga pernah melahirkan nama Alfredo di Stefano, Mario Kempes, Gabriel Batistuta, dan lain-lain termasuk pemain yang kini masih aktif, Lionel Messi.

Selanjutnya Inggris. Inggris juga pernah melahirkan banyak legenda sepak bola dunia. Sebut saja Geoff Hurst, Bobby Carlton, Bobby Moore, Peter Shilton, Gordon Banks, Gary Lineker, dan masih banyak lagi.

Perancis juga demikian. Perancis pernah melahirkan banyak legenda sepak bola seperti Just Fontaine, Raymond Kopa, Michael Platini, Jean Tigana, Eric Cantona, Jean Pierre Papin, Thierry Henry, Zinedine Zidane, dan masih banyak lagi.

Namun di babak perempat final, masing-masing dua tim dari empat tim mapan tersebut harus "saling bunuh" untuk meraih satu tiket ke semi final. Belanda harus "saling bunuh"  dengan Argentina dan Inggris harus "saling bunuh" dengan Perancis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun