Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Deadliner

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Jatah Liga Champions UEFA Serie A Italia, Milik Siapa?

18 Mei 2021   09:35 Diperbarui: 18 Mei 2021   09:48 379 23 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jatah Liga Champions UEFA Serie A Italia, Milik Siapa?
Inter Milan, peraih Scudetto musim 2020-2021 (sumber : jogja.tribunnews.com)

Trofi juara kompetisi Serie A Italia alias Scudetto musim 2020-2021 sudah dipastikan menjadi milik Inter Milan. Kepastian itu didapatkan Inter Milan pada pekan ke-34 (02/05). Walau pun kompetisi Serie A Italia belum berakhir, tapi raihan poin Inter Milan sudah tidak mungkin bisa dikejar oleh tim lain.

Persaingan untuk mendapatkan Scudetto praktis berakhir. Namun bukan berarti kompetisi Serie A Italia musim 2020-2021 sudah tidak menarik dan seru lagi. Ada hal yang menarik dan seru lainnya, yakni dalam perebutan zona Liga Champions UEFA.

Italia mendapat jatah 4 (empat) tim di Liga Champions UEFA. Artinya juara 1 sampai 4 Serie A Italia berhak mewakili Italia berkompetisi di Liga Champions UEFA.

Satu tempat sudah disegel oleh Inter Milan sebagai juara kompetisi Serie A. Zona Liga Champions UEFA Serie A praktis tinggal menyisakan 3 (tiga) tiket lagi. Nah ini yang menarik.

Sampai kompetisi Serie A Italia tinggal menyisakan  satu pertandingan lagi, belum ada tim lain selain Inter Milan  yang sudah memastikan bisa meraih tiket ke Liga Champions UEFA. Ada empat tim yang masih berpeluang mengambil tiga tiket tersisa ke Liga Champions UEFA.

Empat tim yang dimaksud adalah Atalanta, AC Milan, Napoli, dan Juventus. Selain empat tim itu memang "sudah habis". Tak mungkin lagi bersaing bisa meraih tiket ke Liga Champions UEFA.

Secara berurutan, tim yang paling berpeluang meraih tiga tiket tersisa Liga Champions UEFA adalah Atalanta (78), AC Milan (76), Napoli (76), dan Juventus (75). Masalahnya, dua dari empat tim itu harus "saling bunuh" di pertandingan terakhir, Tim yang dimaksud adalah Atalanta dan AC Milan.

Atalanta dan AC Milan akan bentrok di pertandingan ke-38, Senin (24/05). Sementara di hari yang sama, Napoli akan menghadapi Verona dan Juventus akan menghadapi tuan rumah Bologna.    

Seandainya Atalanta mampu mengalahkan atau seri lawan AC Milan dan Napoli serta Juventus menang atas lawan masing-masing, maka tiga tiket tersisa Liga Champions UEFA menjadi milik Atalanta, Napoli, dan Juventus. AC Milan berarti terlempar dari Zona Liga Champions UEFA.

Namun kalau pun Atalanta kalah dari AC Milan, tim besutan Gian Piero Gasperini itu masih berpeluang meraih satu tiket Liga Champions UEFA. Dengan syarat Atalanta  tidak kalah dengan skor besar dari AC Milan.

Kalau hal itu terjadi (Atalanta kalah dari AC Milan), sementara Napoli dan Juventus menang, maka tim yang akan meraih tiket Liga Champions UEFA adalah AC Milan, Atalanta, dan Napoli. Juventus berarti tidak kebagian tiket Liga Champions UEFA.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN