Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Jerman Terpeleset, Italia Paling Konsisten

1 April 2021   07:54 Diperbarui: 1 April 2021   07:56 161 25 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jerman Terpeleset, Italia Paling Konsisten
Jerman dipermalukan Makedonia Utara 2-1 dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Kamis dini hari (01/04) (kompas.com)

Kejutan terjadi di Grup J pada pertandingan ke-3 kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa Kamis dini hari (01/04). Di luar dugaan Jerman terpeleset, ditekuk oleh Makedonia Utara. Jerman dipermalukan Makedonia Utara dengan skor 1-2.  

Dua gol keunggulan Makedonia Utara dicetak oleh striker Goran Pandev pada menit akhir babak pertama dan pemain tengah Elif Elmas pada menit ke-85. Sedangkan gol semata wayang Jerman dicetak oleh Ilkay Gundogan pada menit ke-63 melalui titik putih penalti.

Akibat kekalahan tersebut, Jerman terlempar ke posisi 3 klasemen sementara Grup J dengan perolehan poin 6. Sementara Makedonia Utara walau pun sama-sama memperoleh poin 6 namun memiliki selisih gol lebih baik dari Jerman, berada di posisi 2.   

Kekalahan Jerman dari Makedonia Utara tentu sangat mengejutkan bagi banyak orang. Sebab perbandingan antara Jerman dengan Makedonia Utara ibarat David dan Goliath.

Jerman adalah salah satu kekuatan sepak bola dunia dengan status 4 kali juara Piala Dunia. Sementara Makedonia Utara adalah negara yang masih sangat baru dalam dunia sepak bola. Negara yang berada di Semenanjung Balkan, pecahan dari Yugoslavia itu baru berdiri secara resmi satu tahun lebih.

Makedonia Utara berdiri pada tanggal 12 Februari 2019 lalu. Sebelumnya Makedonia Utara bernama Republik Makedonia, yang merdeka pada tanggal 8 September 1991 setelah Yugoslavia pecah.

Keberhasilan Makedonia Utara menekuk Jerman mungkin sebuah sinyal ancaman bagi tim-tim lain yang tergabung di Grup J. Artinya Makedonia Utara tidak bisa dipandang sebelah mata oleh tim lain.

Selain pertandingan Jerman-Makedonia Utara, di grup J juga ada pertandingan antara Liechstein-Islandia. Dalam pertandingan itu Liechstein kalah dari Islandia dengan skor 1-4.

Sementara itu di hari yang sama, Kamis dini hari (01/04) juga dilangsungkan 12 pertandingan lain di grup B, C, D, F, I, dan J. Di grup B Spanyol mengalahkan Kosovo 3-1 dan Yunani-Georgia bermain seri 1-1.

Tim kuat Italia yang tergabung di grup C berhasil menekuk Lithuania 2-0. Di grup yang sama Irlandia Utara hanya mampu bermain seri 0-0 dengan Bulgaria.

Tim ayam jantan Prancis di grup D berhasil mengalahkan Bosnia Herzegovina dengan skor tipis 1-0. Satu pertandingan di grup yang sama antara Ukraina-Kazakhstan berakhir seri 1-1.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN