Mohon tunggu...
Wiwik budiarti
Wiwik budiarti Mohon Tunggu... Guru - Guru Mata pelajaran IPA di SMP MUHAMMADIYAH 1 PPU

Mulai mengajar tahun 2004 di SMP MUHAMMADIYAH 1 PENAJAM PASER UTARA DAN SMPN 6 PENAJAM PASER UTARA ditahun yang sama

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Biar Daring Jadi "Darling"

25 Juli 2021   13:42 Diperbarui: 25 Juli 2021   14:11 239
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jika kita mendengar  kata-kata DARING pasti sudah terbayang betapa membosankannya kegiatan tersebut,nah...bagi para pendidik ada sedikit goresan tangan yang  penulis harapkan mampu membuat DARING jadi DARLING buat anak-anak didik kita.salah satunya adalah dengan membuat bahan ajar pembelajaran DARING yang menarik dan inovatif.

Bahan ajar daring adalah segala bahan yang digunakan oleh pendidik untuk membatu guru dalam proses pembelajaran secara daring.

Contoh bahan ajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah :

  • Bahan ajar visual seperti             : buku, modul, LKPD, gambar, dan brosur.
  • Bahan ajat audio seperti            : Rekaman, siaran radio, dan CD.
  • Bahan ajar audio visual seperti : televisi, film, dan Video pembelajaran,dll.

Dari sekian bahan ajar di atas yang penulis gunakan sesuai dengan situasi atau keadaan serta kebutuhan di lingkungan tempat tinggal diantaranya adalah dengan membuat lkpd(terlampir) dan juga blog melalui aplikasi google sites https://sites.google.com/view/sainssmp-wiwikbudiarti/halaman-muka ,dan membuat channel youtube dalam menjelaskan beberapa materi pembelajaran,contohnya dapat dilihat di link berikut https://youtu.be/Dcde1ZIz-9w kemudian penulis juga menggunakan pembelajaran dua arah menggunakan aplikasi google meet atau zoom

Penulis juga sangat memahami bahwa Salah satu faktor kualitas program adalah pengembangan bahan ajar, Bahan ajar merupakan salah satu alat bantu yang dapat digunakan di kalangan pendidikan untuk  dapat memenuhi kompetensi yang diingikan.

sehingga penulis terus menggali pengetahuan tentang pengembangan bahan ajar dengan segala keterbatasan waktu dan pemikiran.karena bahan ajar berbasis daring sangat dibutuhkan oleh semua kalangan, terutama dalam bidang pendidikan.

Dalam menyusun bahan ajar penulis selalu berdasarkan pada analisis kurikulum,Program tahunan, program semester, standar kompetensi, kompetensidasar, dan tujuan pembelajaran yang pada akhirnya dapat memenuhi kebutuhan pendidikan siswa akan ketercapaian kompetensi.

Sehingga pengembangan bahan ajar di sekolah dasar sebaiknya dengan memperhatikan karakteristi, minat, dan dapat membatu guru dalam proses pembelajaran.Dengan adanya bahan ajar, guru dapat mengembangkan materipembelajaran. Bahan ajar juga dapat memotivasi peserta didik untuk tertarik dalam pembelajaran.

Lampiran-1

LKPD(LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK)

KEGIATAN PENYELIDIKAN

NAMA SISWA  :...................................................

Topik:  Gerak pada tumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya

Tujuan: peserta didik menjelaskan gerak tumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya

Peralatan dan bahan:

Tanaman Putri malu (Mimosa pudica)

Bolpoin

Prosedur dan  analisis

Pergilah ke kebun/halaman rumah kalian yang terdapat tanaman putri malu

Sentuhlah dengan bolpoint pada bagian : ujung daun, pangkal daun, dan batang

Setelah daun membuka kembali, Teteskan air pada bagian ujung daun, pangkal daun, dan batang

Amatilah reaksi yang terjadi kemudian catatlah waktu yang dibutuhkan untuk kembali ke keadaan semula

Catatlah hasil pengamatanmu pada tabel hasil pengamatan !

Hasil pengamatan

  • Jenis rangsang
  • Bagian yang dirangsang
  • Reaksi tanaman putri malu
  • Waktu yang dibutuhkan ke keadaan semula
  • Keterangan
  • Sentuhan
  • Ujung daun



  • Pangkal daun



  • Batang



  • Tetesan air
  • Ujung daun



  • Pangkal daun



  • Batang



Pembahasan dan kesimpulan

Pertanyaan diskusi

Apakah reaksi tanaman putri malu terhadap rangsang sentuhan dan tetesan air ?   

Jawab : .....................................................................................................................

2.  Adakah perbedaan respon tanaman putri malu terhadap kedua jenis rangsang ? 

     Jawab : .....................................................................................................................

3.   Pada bagian manakah tanaman putri malu paling terhadap rangsang ?  

      Jawab : .....................................................................................................................

4. Bagian manakah yang paling lama waktu untuk kembali ke keadaan semula ? 

                   Mengapa demikian ?  

Jawab : .....................................................................................................................

5.  Apakah yang dapat kalian simpulkan dari kegiatan tersebut. Buatlah kesimpulan berdasarkan semua kegiatan yang telah kalian lakukan!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun