Mohon tunggu...
wiwi fitria anjani
wiwi fitria anjani Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa Universitas Negeri Padang

nama saya wiwi fitria anjani berasal dari sumatera barat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Apa Saja Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran

1 Desember 2022   09:21 Diperbarui: 1 Desember 2022   09:40 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkembangan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak yang sangat besar dalam kehidupan kita. Begitu juga dalam sektor pendidikan, kehadiran teknologi telah memberikan cahaya baru dalam dunia pendidikan, dengan adanya kemanjuan teknologi informasi dan komunikasi akan bisa membuat sistem pendidikan menjadi lebih baik dan lebih maju. Dan teknologi informasi juga berperan sebagai alat bantu dalam dunia pembelajaran melalui berbagai macam sarana modern.

perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan sangat memberikan dampak yang luar biasa. Manfaat tersebut di antaranya adalah : 

1. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi akan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi lebih baik lagi.

2. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi akan dapat memperluas akses dalam dunia pendidikan, karena kita akan mudah dalam mendapatkan sebuah perkembangan baru.

3. Dapat mempermudah pemahaman materi yang sedang di pelajari, karena informasi yang di dapatkan perserta didik di media sosial akan lebih update, sehingga mereka akan dapat mencari terlebih dahulu materi yang akan mereka pelajari, hal itu akan membuat peserta didik menjadi paham terhadap materi yang di sampaikan.

4. Menampilkan materi pembelajaran menjadi lebih menarik, sehingga membuat para peserta didik lebih tetarik dengan pelajaran yang sedang di sampaikan

5. Dapat menambah informasi, karena dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi akan membuat peserta didik lebih luas dan lebih mudah dalam mencari informasi dari berbagai sumber.

Keberadaan teknologi sudah menjadi sebuah solusi pembelajaran dalam dunia pendidikan agar dapat menjadi lebih efektif. Hal tersebut dapat kita lihat pada saat terjadinya pandemi Covid 19 yang berlangsung cukup lama. Karena covid 19 dunia pendidkan sedikit memiliki hambatan yang membuat kita tidak bisa bersekolah secara offline, tetapi karena adanya teknologi informasi dan komunikasi ini membuat proses belajar mengajar terus berjalan. Dan beberapa manfaat dari adanya teknologi informasi dan komunikasi lainnya adalah seperti yang telah di terangkan di atas.

Beberapa peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan adalah sebagai berikut :

1. Teknologi informasi dan kumunikasi adalah sarana yang dapat membantu dan melengkapi proses pembelajaran menjadi lebih praktis dan lebih modern

2. Teknologi informasi dan komunikasi menjadi sebuah sarana pembelajaran yang berguna untuk menyampaikan materi menjadi lebih menarik, sehingga dapat meningkatkan minat perserta didik dalam belajar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun