Mohon tunggu...
Wistari Gusti Ayu
Wistari Gusti Ayu Mohon Tunggu... Guru - Saya seorang guru

Guru adalah profesi yang mulia, saya bangga menjadi guru

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Bapak Habibie, Saya Kenang Kau dari Sini Saja

16 September 2019   16:50 Diperbarui: 17 September 2019   03:35 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
BTIKK. sumber: denpasar.kota.go.id

Tahun 2009 lalu, seorang teman yang sudah berstatus PNS menghubungi suami. Dia mengabarkan bahwa di kantornya membuka lowongan CPNS.

Saat itu suami saya masih bekerja di kerajinan keramik di kampung kami. BPPT begitulah nama lembaga pusat yang membuka lowongan tersebut. Bagi saya lembaga tersebut sangat asing di telinga. Suami saya sendiri pun kurang tertarik lowongan tersebut, padahal dia memiliki kriteria yang dibutuhkan. 

Diam-diam, selepas pulang mengajar saya mencoba mencari informasi mengenai lembaga ini. BPPT singkatan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Lembaga ini terlahir atas prakarsa Bapak B.J Habibie, dan beliaulah kepala BPPT yang pertama. Saya sangat tertarik mendaftarkan suami saya mengikuti tes CPNS di lembaga tersebut, walaupun suami awalnya tidak ingin mengikuti tes tersebut.

Semua perlengkapan saya ambil di map suami, mulai dari ijazah, dan dokumen penting lainnya juga KTP dari dompetnya. Saat itu BPPT membuka kesempatan melakukan pendaftaran secara online.

Sudah terbayang dibenak saya jika suami diterima, dia akan ikut berkontribusi untuk memajukan negeri ini. Seperti Pak Habibie yang selalu menyumbangkan ide-ide cemerlangnya di bidang teknologi.

Ketika perlengkapan administrasi lolos seleksi saya senang sekali, bahkan lebih senang dari suami. Suami yang deg-degan harus ke Jakarta mengikuti tes, wawancara, dan lain-lain merasa kurang bersemangat. Dengan semangat ala Bu Ainun hee, saya pun menyemangati suami, "ini untuk masa depan kita".

Tahap ini pun suami saya lolos. Dan di pengumuman akhir namanya tertera sebagi CPNS BPPT tahun anggaran 2009. Setelah menyerahkan semua persyaratan akhirnya suami saya resmi menjadi CPNS.

Sebagai seorang istri saya merasa bangga sekali, bagaimana tidak, suami akan bekerja di BPPT, di lembaga yang didirikan bapak BJ Habibie. Bapak Teknologi bangsa Indonesia.

Menurut bppt.go.id Perekayasaan teknologi tidaklah selalu identik dengan pesawat terbang, rekayasa genetika, ataupun peralatan canggih lainnya. Sejatinya BPPT sebagai lembaga perekayasaan teknologi,  juga memiliki sebuah Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang bertugas melakukan perekayasaan dan pengembangan seni, dalam hal ini seni keramik.

Nah, suami saya ditempatkan di Bali, di UPT PSTKP Bali (Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Seni dan Teknologi Keramik dan Poselin Bali ) ini, yang sekarang ini menjadi BTIKK (Balai Teknologi Industri Kreatif Keramik). Dan saat pertama kali berdiri bernama P3SKP (Pusat Penelitian dan Pengembangan Seni Keramik dan Porselin ).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun