Mohon tunggu...
wiranto adi putro
wiranto adi putro Mohon Tunggu... mahasiswa

kekuatan ibu adalah doa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Efektifitas dan Efisiensi Manajemen Berbasis Sekolah

20 Juni 2021   23:21 Diperbarui: 21 Juni 2021   00:08 21 1 0 Mohon Tunggu...

Manajemen berbasis sekolah adalah suatu model pengelolaan sekolah yang melibatkan semua pihak yang ada di lingkungan sekolah. Manajemen  berbasis  sekolah dilakukan  dalam rangka pemberian otonomi penuh kepada  sekolah untuk lebih akfif dan kreatif dalam mengembangkan  inovasi  dalam berbagai program untuk meningkatkan  mutu Pendidikan sesuai dengan  kebutuhan sekolah  yang tidak terlepas dari kerangka tujuan nasional yang telah ditetapkan. 

Otonomi sekolah  merupakan aspek yang penting dalam  pengelolaan sekolah   sehingga sekolah memliki kewenangan  yang lebih luwes dan fleksibel dalam merancang  sekolah yang mandiri disertai dengan tanggung jawab yang besar dalam mengelola sekolah secara mandiri

Efektifitas manajemen berbasis sekolah dilakukan sebagai sebuah proses pengukuran kapasitas Lembaga Pendidikan dalam meningkatkan kualitas pengelolaaan yang ada melalui  penilaian tugas yang telah dikerjakan dan proses penyesuaian kualitas yang melibatkan semua komponen. 

Efektifitas manajemen berbasis sekolah dapat diukur melalui penyelesaian tugas yang dilakukan secara tepat dengan tidak menghilangkan kaidah yang ada.  

Ahli menjabarkan bahwa efektifitas menjadi isu yang sangat vital yang  berkaitan dengan proses pelaksanaaan kinerja yan ada di sebuah institusi/ Lembaga.  

Djaman satori menjelaskan bahwa efektivitas berkaitan dengan reaksi kemampuan sekolah dalam  melakukan proses produksi  serta beradaptasi terhadap perubahan.  

Sekolah dituntut mempunyai  keputusan yang mampu dirumuskan secara bijak dan terarah. Djaman satori menjelaskan bahwa sekolah yang efektif  yaitu sebuah pengelolaan manajemen yang mampu mendayagunakan sumber daya yang ada melalui Tindakan  manajemen  secara rasional dan sistemik dalam usaha menggapai tujuan organisasi sekolah yang telah ditetapkan.[1]

Mengukur efektifitas manajemen berbasis sekolah   menjadi salah satu aspek yang sangat penting dalam melakukan perubahan paradigma pengelolaan sekolah. Efektifitas sekolah  memliki beberapa konteks indikator yang mempengaruhi jalannya pengelolaan sekolah yaitu :

Tujuan sekolah yang jelas

Kepemimpinan  kepala sekolah yang kuat

Ekspetasi guru yang tinggi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN