Mohon tunggu...
winny poespo judo
winny poespo judo Mohon Tunggu... Lovely

Enjoying the Journey

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Dari Kesenangan Akan Bunga Tulip Awal Bitcoin Itu Ada

2 Desember 2020   00:10 Diperbarui: 2 Desember 2020   17:14 34 0 0 Mohon Tunggu...

Dari Kesenangan Akan Bunga Tulip Awal Mula Bitcoin itu Ada? Masa seh? 

Nyatakan bitcoin dengan bunga tulip? 

Selama ini kita hanya tahu kalo bitcoin adalah uang digital abad 21 yang bisa menembus semua batas negara dan merupakan mata uang digital pertama kali launching pada tahun 2007 untuk masa depan, menembus batas sosial politik dan segala macam bentuk perbatasan kepentingan. Tapi ternyata bitcoin dalam bentuk bunga Tulip sudah lama ada . 

Masa iya seperti itu? Ternyata sejarah menjelaskan bahwa bitcoin pertama di dunia adalah catatan nilai alat penukaran transaksi perdagangan dengan bunga Tulip. 

Dan bunga Tulip adalah bitcoin pertama di dunia digunakan sebagai mata uang atau nilai tukar dengan perubahan nilai yang selalu dicatat serta digambar layaknya seperti diagram kurva seperti jaman ini. Dan mencapai setara  25,000 USD per kuntum bunganya, dan itu terjadi pada tahun 1634 di Eropa, di mana masa tersebut Eropa sangat berterima kasih terhadap Asia yang telah membuat mereka kaya dengan rempah-rempah.  (dilansir dari WEIRD  HISTORY  MAGAZINE 2008).

 Saya awalnya tidak percaya,  bunga Tulip digunakan sebagai alat penukar pada setiap transaksi dan nilainya sangat begitu bitcoin, 

 “Lalu apa seh bunga tulip itu?” 

“ Kenapa bisa bunga Tulip menjadi bitcoin suatu negara di abad di mana belum ada komputer, dan belum ada teknologi modern?” 

Kenapa bunga Tulip bisa begitu berharga sampai menjadi bitcoin pertama kali? Bunga Tulip adalah bunga umbi-umbian yang berasal dari Kazasthan dan dibawa serta dikembangkan di Belanda, awalnya bunga Tulip ini kepemilikannya tidak begitu menggila. Entah kenapa bunga ini mendapat serangan virus tanaman sehingga warna yang muncul pada bunga ini menjadi pecah seperti corak atau motif yang beragam. 

Sehingga menarik dan membuat penduduk Belanda tergila gila sehingga muncul suatu fenomena “ TULIP MANIA” Hal tersebut berlangsung bukan hanya di Belanda, tetapi di seluruh Eropa sehingga dari fenomena tersebut menimbulkan harga yang tidak lazim pada tiap umbi maupun tiap kuntumnya yang hampir setara dengan 25,000 USD .  Setara bukan dengan nilai bitcoin? 

Jadi memang terbukti , tertulis dalam sejarah memang bitcoin pertama kali adalah “TULIP MANIA”. Kegilaan tersebut memang hampir menghancurkan kehidupan bernegara di Belanda. Kenapa tidak? Hanya karena satu kuntum bunga Tulip beserta umbinya itu, bisa membuat penggilanya menjual rumah , menjual ternak ,dan melakukan hal-hal yang berlebihan. Dan membuat sesuatu kekacauan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN