PENDAMPINGAN GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING
WINDY SARI
Prodi Pendidikan Bisnis, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis
Universitas Pendidikan Indonesia
Â
ABSTRAK
Perkembangan teknologi memberikan perubahan terhadap pelaksanaan pengajaran dan pembelajaran (Keengwe & Georgina, 2012). Teknologi informasi dapat diterima sebagai media dalam melakukan proses pendidikan, termasuk membantu proses belajar mengajar, yang juga melibatkan pencarian referensi dan sumber informasi (Wekke & Hamid, 2013). Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan dapat diketahui bahwa kegiatan yang telah dilakukan memberikan dampak positif kepada siswa, yaitu siswa menjadi lebih memahami materi perbandingan dibandingkan sebelumnya.
Kata Kunci : Pembelajaran daring
PENDAHULUAN
Saat ini peserta didik dapat belajar tidak hanya dimana saja tetapi sekaligus kapan saja dengan fasilitas sistem electronic learning yang ada. E-learningkini semakin dikenal sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah pendidikan dan pelatihan, baik di negara-negara maju maupun di negara yang sedang berkembang, khususnya Indonesia. Banyak orang menggunakan istilah yang berbeda-beda untuk e-learning namun pada prinsipnya e-learning adalah pembelajaran yang menggunakan jasa elektronik sebagai alat bantunya.
Penyampaian materi melalui daring dapat bersifat interaktif sehingga peserta belajar mampu berinteraksi dengan komputer sebagai media belajarnya. Sebagai salah satu contoh siswa yang menggunakan pembelajaran media elektronik atau menjalin hubungan (browsing, chatting, vidiocall) melalui media elektronik, dalam hal ini komputer dan internet nantinya akan memperoleh hasil belajar yang lebih efektif dan baik dari pada pembelajaran konvensional.