Mohon tunggu...
Windiani Paramitha
Windiani Paramitha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Wa may yattaqillaha yaj al-lahu makhraja. Wa yarzuq-hu min aisu la yahtasib, wa may yatawakkal alallahi fa huwa hasbuh, innallaha baligu amrih, qad ja alallahu likulli syai in qadra.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menginspirasi Dunia: Erigo dan Nilai-Nilai Luhur Pancasila di Kancah Internasional

23 Mei 2024   22:53 Diperbarui: 23 Mei 2024   22:57 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://mghinstitute.id/blog/kisah-sukses-erigo-brand-lokal-yang-mendunia/

Artikel ini disusun sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan tugas mata kuliah Pancasila. Dengan itu saya sangat berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Dr. Yatti Rosmiati M.Pd selaku dosen mata kuliah Pancasila yang telah membimbing saya untuk menyelesaikan tugas artikel ini. Terimakasih juga saya ucapakan kepada rekan rekan saya yang telah membantu saya dalam menyelesaikan tugas ini serta terimakasih kepada teman teman yang telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini.

Pendahuluan 

Indonesia, negara kepulauan yang kaya dengan budaya dan tradisi, memiliki pondasi kokoh yang melandaskan kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila. Nilai-nilai luhur Pancasila, yang terdiri dari Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, tidak hanya menjadi pedoman bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, tetapi juga memiliki potensi untuk dipromosikan dan dibagikan kepada masyarakat internasional.

Salah satu cara untuk mempromosikan nilai-nilai luhur Pancasila di kancah internasional adalah melalui produk-produk lokal Indonesia. Produk lokal Indonesia, dengan keragaman dan keunikannya, dapat menjadi representasi budaya dan tradisi bangsa Indonesia yang kaya. Promosi produk lokal Indonesia tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan ekonomi kreatif dan UMKM, tetapi juga dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan nilai-nilai luhur Pancasila kepada dunia.

Nilai-nilai Pancasila seperti toleransi, perdamaian, dan kemanusiaan sejalan dengan nilai-nilai universal yang dianut oleh berbagai bangsa di dunia. Produk-produk lokal Indonesia yang dibuat dengan tangan-tangan terampil dan penuh dedikasi, mencerminkan nilai-nilai kerja keras, gotong royong, dan kekeluargaan yang merupakan bagian dari budaya Indonesia.


Promosi produk lokal Indonesia di kancah internasional dapat dilakukan melalui berbagai cara, di antaranya:

- Melalui pameran budaya dan perdagangan internasional, seperti Trade Show dan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC).

- Melalui platform e-commerce dan marketplace internasional.

- Melalui kerjasama dengan diaspora Indonesia di luar negeri.

- Melalui media sosial dan influencer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun