Mohon tunggu...
Winda PAM
Winda PAM Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Hobi saya menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembelajaran yang Berbasis Agama dan Hasil: Strategi Pembelajaran yang Efektif di sekolah Islam Tk dan SD Bani Ali

3 Mei 2024   11:30 Diperbarui: 3 Mei 2024   11:38 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama: Winda Pitria Ayumiah

Nim: 06151282227067

Sekolah Islam Tk dan SD Bani ali, kecamatan Indralaya Utara kabupaten Ogan Ilir, sumatera selatan

"Pembelajaran Berbasis Agama dan Hasil: Strategi Pembelajaran yang Efektif di Tk dan SD Bani Ali"

Strategi pembelajaran adalah perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang dirancang untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Ini termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan tertentu.

Tujuan strategi pembelajaran adalah untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan, meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, dan mewujudkan kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien

Pengembangan strategi pembelajaran yang efektif memerlukan perencanaan yang baik dan penggunaan metode yang bervariasi dan dilakukan secara khas di kelasnya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran

Strategi pembelajaran yang efektif juga melibatkan penggunaan lingkungan sebagai sarana belajar. Dengan demikian, peserta didik dapat belajar dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.

Pendekatan pembelajaran berbasis agama dan hasil dapat menjadi strategi yang efektif, terutama di tingkat TK dan SD Bani Ali. Menggabungkan nilai-nilai agama dengan pembelajaran akademik dapat memberikan fondasi moral yang kuat sambil memperkuat pemahaman materi. Ini dapat memperkaya pengalaman belajar siswa dan membantu mereka mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang nilai-nilai keagamaan sambil memperoleh keterampilan akademik yang diperlukan. Namun, penting untuk memastikan bahwa pembelajaran tetap seimbang dan inklusif untuk menghormati keragaman siswa.

Pendekatan pembelajaran berbasis agama dan hasil memiliki potensi untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang kaya secara nilai dan memberikan pemahaman yang holistik tentang dunia kepada siswa. Namun, penting untuk memastikan bahwa pembelajaran tersebut tidak membatasi eksplorasi intelektual dan penemuan pribadi siswa. Pengajaran haruslah seimbang, memberikan ruang untuk pertumbuhan spiritual dan moral sambil mendorong kreativitas, penelitian, dan pemecahan masalah. Selain itu, peran guru dalam memfasilitasi dialog terbuka dan pemahaman yang inklusif tentang berbagai agama dan kepercayaan sangatlah penting dalam memastikan bahwa setiap siswa merasa dihargai dan didukung dalam perjalanan belajarnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun