Mohon tunggu...
Wiwi Winarti
Wiwi Winarti Mohon Tunggu... Part Of Kompasiana

Seorang yang sedang belajar.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Capek Kerja? Isi Liburmu dengan Ini!

4 Maret 2021   06:58 Diperbarui: 4 Maret 2021   07:05 63 6 0 Mohon Tunggu...

Bagi para pekerja, disibukkan dengan pekerjaan yang menumpuk dan dikejar deadline membuat pikiran menjadi tidak konsentrasi, mood kacau bahkan stres.

Hal tersebut dikarenakan durasi kerja dengan waktu yang lama bisa sampai kurang lebih 8 jam dan dalam waktu 5 sampai 6 hari dalam seminggu belum lagi saat ada pekerjaan tambahan seperti lembur dan sebagainya.

Jika sudah terjadi hal seperti ini maka yang harus dilakukan adalah bagaimana agar pikiran kembali normal dan menjadi konsentrasi kembali.

Sementara itu waktu istirahat para pekerja ini sangatlah sedikit, hanya 2 bahkan 1 hari saja. Maka dalam waktu singkat itu seharusnya digunakan secara maksimal untuk beristirahat, bukan hanya mengistirahatkan badan atau jasmani tetapi juga pikiran atau rohani.

Tidak sedikit para pekerja memanfaatkan waktu liburnya untuk tidur dengan waktu yang cukup lama, padahal dampak tidur terlalu lama juga akan menyebabkan badan menjadi lemas dan kaku.

Untuk itu, saya akan memberikan tips agar hari libur bisa digunakan secara optimal untuk istirahat, selain mengistirahatkan badan juga mengistirahatkan pikiran dengan melakukan hal-hal yang membuat pikiran normal dan fresh kembali.

1. Berolahraga
Di hari libur kerja, sebaiknya pergunakan waktu untuk berolahraga. Karena selain menyehatkan badan, olahraga juga bisa memberikan dampak baik bagi mood dan pikiran, dampaknya menenangkan dan membuat relax. Olahraga yang dilakukan tidak harus olahraga yang berat dan menguras banyak tenaga, tetapi olahraga yang ringan tetapi membuat badan berkeringat. Bahkan hanya sekedar berjalan kaki atau lari-lari kecil juga sangat baik untuk tubuh, dan bisa mengalihkan pikiran dari berbagai kesibukan.

2. Me Time
Me time yang dimaksud adalah waktu yang dipergunakan untuk diri sendiri, dimana waktu ini di isi dengan kegiatan-kegiatan yang kita sukai. Bisa dengan menonton, memasak, bahkan nge-meal atau memakan cemilan-cemilan yang disukai.

Melakukan hal-hal yang kita sukai sama dengan memanjakan diri dan mengistirahatkan pikiran dari berbagai pekerjaan yang menumpuk.
Jika kamu seorang perempuan, maka mengisi hari libur dengan merawat diri adalah pilihan yang baik. Menggunakan skin care mulai dari lulur, hingga masker akan membuat pikiran tenang dan relax.

Kalau kamu seorang laki-laki, maka pilihan dengan game juga cukup baik. Karena dengan game juga bisa mengalihkan pikiran dari tumpukan pekerjaan.

3. Berinteraksi dengan alam
Berinteraksi dengan alam dalam hal ini adalah melakukan kegiatan yang melibatkan makhluk hidup seperti tanaman dengan kegiatan berkebun, bercocok tanam, merawat tanaman dan sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN