Mohon tunggu...
Wimala dyahintan
Wimala dyahintan Mohon Tunggu... Ibu rumah tangga -

Saya adalah seorang ibu dari empat anak yang berjuang buat kebahagiaan mereka

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Bayi Sehat, Ibu Bahagia Berkat BPJS Melayani

10 Desember 2018   22:35 Diperbarui: 11 Desember 2018   01:15 233
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokumentasi pribadi

Banyak pro dan kontra tentang kartu JKN Kis yang menjadi salah satu asuransi kesehatan yang diwajibkan Pemerintah Indonesia baru baru ini namun bagi saya sendiri yang menjadi single parents bagi ketiga anak saya adalah orang yang benar benar terbantu dan merekomendasikan program hebat ini yaitu BPJSKesehatanMelayaniNegeri

Why ? Karena dua anak saya lahir dengan proses persalinan normal dan gratis pula.Prosesnya benar benar mudah jika kita ikuti aturan kebijakan dari BPJS kesehatan.  Memang dulunya bukan BPJS kesehatan yang saya ikuti melainkan program Jampersal bagi anak saya yang kedua yaitu Hafizh Langit Athalah namun setelah itu dihapus  oleh Pemerintah dan diganti dengan BPJS kesehatan.

Setelah program BPJS diperkenalkan pada masyarakat Indonesia ,saya pun ikut serta menjadi anggotanya  dan saat bayi saya yang ketiga lahirpun , alhamdulilah dipermudah prosesnya dan biayanyapun tercover oleh BPJS kesehatan.

Yups bayangkan saja bahwa saya yang hanya seorang single parents harus mampu memenuhi kebutuhan ketiga anak saya dan pekerjaan sayapun hanyalah seorang tentor bahasa inggris yang hanya cukup untuk makan saja sedangkan mantan suami saya tak pernah memberi nafkah sama sekali dan kali ini kartu JKN Kis saya benar benar efektif hingga pada suatu peristiwa itu

Peristiwa dimana beberapa hari setelah bayi ketiga saya lahir , bidan di puskemas mengatakan bahwa bayi saya menderita Jauntice atau Iktirus atau Penyakit kuning. Sebuah penyakit yang terjadi pada bayi baru lahir karena mengalami kekurangan cairan dan jika tidak segera ditangani maka akan mengakibatkan kerusakan pada otaknya. Tak terbayang betapa hancurnya perasaan saya waktu itu . 

Puskesmas tempat faskes kesehatab pertama saya lalu memberikan pengarahan dan petunjuk untuk segera membawa ke IGD ruma sakit yang dekat dengan rumah karena pada saat itu kondisi bayi saya sudah sangat lemas dan ogah minum asi saya. 

Sesampainya di IGD rumah sakit , sayapun menyodorkan Kartu BPJS kesehatan saya dan para tenaga kesehatanpun lalu mulai bertindak dan memberikan fototerapi pada bayi aaya. Tindakan ini dipilih karena bayi  saya sudah terlalu tinggi bilirubinnya dan harus segera dinormalkan dan saat itupun saya hanya pasrah dan berdoa . 

Keajaibanpun terjadi , dua hari anak saya sudah dinyatakan sehat dan saya sendiri tak permasalahkan biaya rawat inap dllnya karena saya percayakan BPJS Kesehatan atas nama anak saya yang baru lahir .Walaupun masih berupa BPJS sementara dan hanya berupa kopian namun benar benar banyak manfaatnya bagi kami. 

Untungnya sejak dalam usia 7 bulan , saya yang sedang dalam kondisi hamil saat itu berinisatif membuat BPJS dengan calon anak .Inilah mengapa BPJS harus dimiliki banyak orang terutama ibu ibu hamil atau ibu ibu yang mempunyai anak kecil karena kesehatan itu memang mahal harganya namun berkat BPJS menjadi lebih mudah karena iurannya tidak memberatkan. Terima kasih BPSKesehatanMelayaniNegeri , berkat kau , bayiku sehat dan ibu happy

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun