Mohon tunggu...
Willy Radinal
Willy Radinal Mohon Tunggu... Dosen - Radinalism Opinion

Akademisi dan Praktisi Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

I Am a Legend: Adaptasi dan Inovasi Tri Indonesia

14 Juli 2020   16:16 Diperbarui: 14 Juli 2020   16:15 277
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Legend” adalah istilah yang digunakan Tri Indonesia dalam melabeli para konsumen lawasnya, dalam hal ini penulis merupakan legend user karena telah menjadi salahsatu pengguna layanan Tri Indonesia sejak periode awal perkembangan provider ini di Indonesia. Selanjutnya, bagi para pembaca yang ingin mengetahui level usernya dapat dilihat di aplikasi bimaplus.

Penulis adalah salahsatu saksi dari perjalanan panjang perusahaan ini dalam membangun brand image di dunia telekomunikasi Indonesia. Oleh karena itu, pada tulisan ini perspektif yang disajikan adalah penulis sebagai legend user.

Tri Indonesia adalah penyedia layanan telekomunikasi seluler yang hadir di Indonesia sekitar tahun 2007, yang dikelola oleh PT.Hutchison 3 Indonesia bagian dari Hutchison Asia Telecom Group.

Tri hadir dan dengan cepat menjadi primadona baru dikalangan pengguna seluler. Bagaimana tidak, pada saat itu hanya dengan isi ulang pulsa dengan nominal tertentu, kita dapat mengirim pesan singkat (SMS), dan telepon  sepuasnya. Penawaran yang sangat menarik tentunya, sehingga mampu memikat perhatian para pengguna seluler pada saat itu, terutama kalangan anak muda.

Meninjau dari apa yang dilakukan Tri, jelas terlihat bahwa Tri Indonesia melakukan adaptasi dengan sangat baik, sehingga perlahan perusahaan ini mulai dikenal sebagai perusahaan telekomunikasi yang bereputasi, yang tidak hanya menawarkan produk dengan harga terjangkau, tetapi juga jaringan 3 Indonesia memiliki jangkuan yang luas. Tentunya hal tersebut menjadi kunci Tri dalam menarik minat konsumen seluler Indonesia.

Tri Indonesia menjadi bagian tak terpisahkan dari perkembangan dunia telekomunikasi dan digital di Indonesia, dari yang pada awalnya jaringan 3 Indonesia masuk dengan 2G, 3G, kemudian 4G LTE, dan sekarang sudah mengembangkan jaringan 4.5G Pro. Dari situ dapat kita lihat bahwa Tri menunjukkan komitmen dalam memberikan kepuasan kepada para pelanggannya.

Seiring perkembangannya, Tri Indonesia tumbuh menjadi salahsatu brand telekomunikasi seluler terkemuka di Indonesia. Tri yang notabenenya merupakan salahsatu perusahaan baru di bidang penyedia layanan telekomunikasi seluler, dengan sangat meyakinkan berhasil masuk pasar telekomunikasi Indonesia.

Tri Indonesia mampu melakukan positioning dengan baik, karena selalu konsisten dalam berinovasi, serta selalu mampu beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan zaman.

Perjalanan lebih dari satu dekade Tri Indonesia menorehkan banyak prestasi, diantaranya diraih pada tahun 2019 dalam ajang selular award dengan predikat "Best Youth Brand". Award tersebut didapat karena pengguna provider Tri didomonasi oleh anak muda yang aktif dalam dunia digital.

Sumber: highlight.id
Sumber: highlight.id

Kesuksesan Tri mempertahankan eksistensinya di Indonesia merupakan bukti dari kecerdasan perusahaan ini dalam mengimplementasikan langkah-langkah dan kebijakan strategis pada market atau pasar telekomunikasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun