Mohon tunggu...
W. Bintang
W. Bintang Mohon Tunggu... Freelancer - Variety Writer

Penulis lepas, memberikan perspektif atas apa yang sedang ramai dibicarakan.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Apa Itu Body Shaming dan Bagaimana Cara Menghentikannya?

12 Juni 2021   13:27 Diperbarui: 12 Juni 2021   13:32 103 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Itu Body Shaming dan Bagaimana Cara Menghentikannya?
Artikel di internet hingga komentar di media sosial bisa jadi sumber body shaming. Bagaimana mengatasinya? (Jan Vasek/Pixabay)

Banyak dari kita menghabiskan sebagian besar waktu dengan asyik dengan situs media sosial yang terhubung dengan teman, menelusuri foto, atau mengomentari hal-hal yang sesuai dengan kita.

Seringkali, ini adalah kesenangan yang tidak berbahaya, tetapi salah satu kelemahannya adalah seberapa terbukanya itu terhadap body shaming.

Mengomentari penampilan orang lain menjadi sesuatu yang dianggap biasa saja.

Anda mungkin pernah melihat di majalah rubrik di mana orang-orang didorong secara aktif untuk menilai apakah mereka pikir seseorang terlihat baik atau buruk dalam apa yang mereka kenakan.

Ciri-ciri umum juga termasuk selebritas tanpa riasan, selebritas berbikini dan selebritas yang telah menambah berat badan atau terlihat lebih kurus.

Sudah waktunya untuk menahan diri dari memposting komentar yang menyakitkan ke forum publik, di mana bahkan orang yang sedang dibahas dapat melihatnya, dan mengakhiri body shaming.

Apa itu body shaming?

Body shaming didefinisikan sebagai tindakan membuat komentar yang tidak pantas dan negatif tentang berat atau ukuran orang lain.

Seringkali, ini adalah sesuatu yang dialami oleh orang yang kelebihan berat badan, tetapi ada tren yang meningkat dalam mengkritik mereka yang terlihat 'terlalu kurus'.

Body shaming ada dimana-mana. Itu ada di majalah, surat kabar, acara televisi, film, percakapan antar teman, di Internet dan situs media sosial. Komentar bisa jahat dan terkadang digunakan sebagai ungkapan komedi bercitarasa buruk.

Baca juga: "Ternyata 4 Ungkapan Berikut Merupakan Body Shaming!" oleh Pryanka Ramadini

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN