Mohon tunggu...
W. Bintang
W. Bintang Mohon Tunggu... Variety Writer

-

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Yahoo Answers Tutup pada 4 Mei 2021: Berakhirnya Era Internet yang Polos

8 April 2021   21:44 Diperbarui: 8 April 2021   21:48 67 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yahoo Answers Tutup pada 4 Mei 2021: Berakhirnya Era Internet yang Polos
Tutupnya layanan Yahoo Answers menandai akhir era dimana pertanyaan polos akan disambut tanpa prasangka (PC Magazine via kompas.com)

Yahoo Answers, salah satu platform Tanya Jawab tertua dan berpengaruh di internet dalam sejarah internet, akan ditutup pada tanggal 4 Mei 2021.

Pesan tersebut tertaut ke Frequently Asked Question dari layanan Yahoo Answers, yang juga merinci lini waktu penonaktifan layanan tersebut.

Mulai 20 April, platform tidak akan lagi menerima submisi pertanyaan dan jawaban baru.

Pengguna Yahoo Answers juga memiliki waktu hingga 30 Juni untuk meminta data mereka atau setelah itu tidak dapat diakses.

Data yang dapat disimpan pengguna termasuk "semua konten buatan pengguna seperti pertanyaan, jawaban, dan gambar apa pun," kata Yahoo, tetapi "Anda tidak akan dapat mengunduh konten, pertanyaan, atau jawaban pengguna lain".

Yahoo lalu mengatakan bahwa produk Yahoo Answers telah menjadi "kurang populer setelah bertahun - tahun" dan kemudian berargumen bahwa produk tersebut tidak "memenuhi janji Yahoo untuk menyediakan konten premium tepercaya".

Platform Yahoo Answers memang telah beroperasi sejak 2005, dan relevansinya masih terasa hingga kini sebagai surga meme sementara kepraktisannya sebagai forum telah memudar karena kalah bersaing dengan Reddit, Quora, dan tempat pengguna internet berkumpul.

Selagi Yahoo menutup layanan Answers, Yahoo Finance, Yahoo Sports, dan Yahoo Mail masih akan terus ada.

Pihak Yahoo sendiri mengatakan bahwa bahwa perusahaan "memutuskan untuk mengalihkan sumber daya yang dimiliki" dari Yahoo Answers untuk kemudian "fokus pada produk yang melayani pengguna kami dengan lebih baik".

Lahir Dari Keingintahuan Yang Polos, Yahoo Answers Menjadi Kerak Neraka

Yahoo Answers lahir di tahun 2005 dari premis sederhana: ajukan pertanyaan apa pun yang Anda inginkan dan dapatkan solusi dari siapa pun di dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN