Mohon tunggu...
W. Bintang
W. Bintang Mohon Tunggu... Variety Writer

-

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

5 Hal yang Harus Diketahui Pemula Drakor!

11 Maret 2021   15:30 Diperbarui: 19 Maret 2021   12:26 80 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Hal yang Harus Diketahui Pemula Drakor!
Meme from IG: Seouldiaryy

Anda membaca artikel ini karena pada satu titik, anda ingin ikut menikmati drakor.

Lewat sudah masa dimana Anda berkata, "huh?" dan "apaan, sih?" ketika mendengar rekan kuliah dan kantor membicarakan episode terbaru drama korea. Rasa kesal berubah menjadi penasaran yang membuncah dan kamu mulai mengintip potongan cerita yang tersebar di linimasa.

Sampai kemudian anda ikut mencuri lihat serial yang diputar di laptop orang lain dan pikiran anda berkata, "menarik juga." Tapi anda bingung mau memulai dari mana dan, di saat bersamaan, masih merasa gengsi.

Panduan ini akan membantu anda mengatur ekspetasi terhadap tayangan drama korea, menemukan serial yang sesuai dengan minat anda. Setelah membaca ini, harapannya sih anda punya keyakinan untuk mencari tayangan di layanan streaming langganan dan bisa mulai menyelami salah satu produk terbaik budaya pop Korea.

1. Budaya

Drama Korea tidak hanya membenamkan kita dalam budaya Korea tetapi juga budaya dari drama itu sendiri. Saat menonton drama, kami melihat sekilas tentang kehidupan sehari-hari orang Korea Selatan seperti musik, mode, masakan, minuman, pendidikan, budaya pop, dll.

Drakor juga dapat memperkenalkan penonton asing ke struktur sosial Korea Selatan, penekanan mereka pada komunitas & keluarga serta norma & adat istiadat budaya mereka. Namun, seperti halnya kisah fiksi, drama Korea bukanlah gambaran sempurna akan realita kehidupan Korea. Drakor adalah versi ideal dari realitas yang menampilkan plot dramatis dan kadang berlebihan sehingga berhasil menghibur kita.

Dalam K-drama, kita dapat berharap untuk melihat kiasan yang konsisten hadir di banyak serial. Ada kiasan karakter yang tidak diunggulkan akhirnya sukses dalam pergumulannya. Ada kisah cinta yang menyentuh hati. Kemudian momen lucu yang memungkinkan kita untuk rileks & mengambil napas di antara momen-momen emosional.

2. Genre

Drakor mungkin identik dengan kisah percintaan, namun jangan salah! Ada banyak genre K-drama yang melayani minat para penontonnya.

Ada drama aksi seperti Vagabond & City Hunter, drama sejarah seperti Moon Hunters, Sungkyunkwan Scandal, dan Mr.Sunshine, drama sekolah seperti Love Alarm & SKY Castle, drama medis seperti Hospital Playlist, drama keluarga seperti Itaewon Class dan The World of The Married, drama hukum seperti I Can Hear Your Voice atau Lawless Lawyer, atau bahkan film komedi horor seperti Master's Sun.

Meskipun sebagian besar drama mengusung elemen romantis dan tema emosional yang dalam, terdapat gaya & nada cerita yang berbeda untuk selera yang berbeda sehingga Anda dapat lebih spesifik elemen cerita apa yang harus ada sebelum menentukan judul yang akan ditonton.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x