Sama seperti kebanyakan bisnis dan mungkin banyak institusi belajar, ketik covid-19 menyerang tiba-tiba kita semua seperti lumpuh. Ini syang saya pelajari dari membangun konten instagram bisnis.
Bukan hanya berbicara soal bisnis saja, tetapi konten instagram bisnis ini Saya tujukan khusus untuk social media marketing dan social selling.Â
Meskipun awalnya lebih luas ke arah bisnis dan digital marketing, tetapi seiiring berjalannya waktu jadi ke arah social media marketing.Â
Berikut adalah beberapa hal yang saya pelajari selama ini
1. Tahu Bicara Kepada SiapaÂ
Masalahnya banyak orang juga membuat konten Instagram seperti ini, jadi hal sederhana yang saya lakukan adalah menyingkir dari mainstream
Biasanya orang-orang akan mentargetkan orang-orang yang juga sedang berusaha membuat konten "microblog" maka siapa cepat maka dia yang menang.Â
Tetapi, Saya pikir ini akan sia-sia karena orang-orang tersebut akan mencari orang yang paling besar dan percaya terhadap apa yang mereka bicarakan.Â
Akhirnya saya menyingkir dan mulai coba masuk ke industri asuransi
Setelah Saya menentukan hal tersebut banyak hal berubah, dan kontennya jadi lebih spesifik, begitupun juga dengan case studynya.Â
2. KonsistensiÂ
Konsistensi mungkin adalah musuh dari semua orang yang berusaha membuat konten instagram bisnis, bahkan konten lainnya.Â
Ada berbagai macam tipe konten yang bisa dibuat oleh konten creator.Â
Mau itu foto, IGTV, stories, atau apapun itu, satu hal yang tersulit adalah menjaga konsistensi seseorang untuk tetap posting.Â
 Kalau 1 minggu sih gampang konsisten, tapi gimana kalau 6 bulan? dan hasilnya belum kelihatan?Â
Sedih kan lama-lama?Â
Nah sedih ini yang bikin orang kadang-kadang nyerah aja deh.Â
3. Mindset Untuk Membantu
Ini bukan mindset yang gampang sih untuk dimiliki khususnya untuk pebisnis
Tapi ini salah satu strategi yang harus dilakukan di dunia social media bahkan banyak expert berkata demiki
Ada satu artikel yang saya baca di medium, judulnya 7 mindset yang dibutuhkan untuk sukses di social media
salah satunya adalah mindset tentang " Quick Money "Â
Ini hal yang hampir mustahil kejadian di Instagram khususnya service provider.
Sampai kita bisa memberikan value baru orang mau mulai percaya
4. Hubungan online Mustahil Katanya
Yang menarik dari membangun konten instagram bisnis adalah banyaknya orang-orang yang melakukan hal yang sama.Â
Kalau tidak percaya coba lihat saja dari bio yang mereka tuliskanÂ
Semua akan menulis " membantu anda mendapatkan uang lewat social media " atau apa dan isi kontennya adalah konten instagram bisnis bukan hal lain
Dan serunya disini kita jadi bisa kenalan dan saya jadi membangun persahabatan yang katanya mustahil.
Jujur sampai hari ini gak pernah ketemu langsung selain lewat zoomÂ
Tapi entah kenapa bisa banyak bercerita yang lebih daripada sekedar ngomongin konten instagram bisnis yang bisa dimaksimalkan untuk orang-orang
5. Content Is King
Ini sebenarnya satu hal yang paling ingin aku hindari ketika membahas hal ini.Â
Kamu mau upload konten berapakalipun dalam satu hari tapi kalau misalnya kontennya gak jelas sama aja.
Konten ini gak harus selamanya carousel. Bisa aja foto kita dan lain-lainnya, tetapi ini benar-benar yang perlu kita cek.
A/B Testing sangat perlu dilakukan terus menerus.Â
Setelah membangun konten belum lagi nanti harus networking duluÂ
Jadi memang konten penting, networking tanpa ada konten yang bagus di dalamnya hasilnya 0 besar!Â
Orang nanti masuk profile mu dan lihat kontenmu bisa-bisa keluar lagi nanti.Â