Mohon tunggu...
William Bunkharisma
William Bunkharisma Mohon Tunggu... Mahasiswa yang masih mencari jati diri

Hanya menulis tentang kegelisahan dan pengalaman yang aku alami

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

5 Hal Produktif yang Bisa Dilakukan di Waktu Luang

14 September 2019   13:21 Diperbarui: 14 September 2019   13:23 30 1 1 Mohon Tunggu...

Bagi masyarakat di zaman ini, waktu merupakan hal yang sangat berharga. Ada pepatah mengatakan "Waktu adalah uang" rasanya tidak salah jika kita melihat kondisi di zaman ini. Waktu juga bukan merupakan barang/objek yang bisa digantikan, sehingga waktu yang tidak dimanfaatkan dengan baik akan terbuang sia-sia, maka dari itu kita harus memanfaatkan waktu kita dengan cermat agar kita bisa menjadi lebih produktif. Namun terkadang kita masih belum tau atau terkadang bingung apa yang harus kita lakukan di waktu sengang, maka dari itu kali ini saya akan memberikan list kegiatan-kegiatan apa saja yang asik dan membuat kamu lebih produktif di waktu luang, langsung aja di cek dibawah :

1. Buat goal-goal/tujuan yang harus lu raih kedepan

Semua orang pasti punya cita-cita buat diraih kedepannya, untuk meraih cita-cita itu hal pertama yang bisa kita lakukan adalah merencanakan apa-apa saja hal yang menuntun kita ke cita-cita tersebut. Menyusun rencana merupakan hal yang sangat asik dilakukan, mau itu sendirian atau bersama orang lain, khususnya orang terdekat. Mendiskusikan tujuan-tujuan kecil yang harus diraih juga bisa meningkatkan kemampuan menyusun rencana loh, sehingga kita bisa lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan. Kita juga bisa menentukan arah fokusan untuk beberapa saat kedepan, mungkin ada juga yang lelah dengan kebiasaan yang itu-itu saja, maka dari itu menentukan langkah kecil ini juga bisa menjadi sebuah hiburan atau refreshing untuk kita. Hanya sekedar beristirahat sejenak sambil memikirkan apa yang akan kita lakukan kedepannya itu juga termasuk hal yang produktif loh.

2. Belajar tentang kesehatan

Belajar terkadang memang menjadi hal yang cukup membosankan dan bahkan untuk sekedar memulainya saja kita merasa malas, namun lain lagi halnya ketika kita harus belajar mengenai kesehatan kita. Di dunia yang penuh dengan penyakit seperti ini, baiknya kita juga mengerti hal-hal apa saja yang baik dan tidak baik untuk kesehatan jangka panjang kita. Jangan sampai nanti di masa depan, muncul penyakit-penyakit yang menghambat pekerjaan kita sehingga kita menjadi tidak produktif lagi. Hanya sekedar membaca artikel kesehatan dan menonton film dokumenter tentang kesehatan, kalian bisa loh meningkatkan wawasan kalian tentang dunia kesehatan. Namun yang harus diingat adalah, menjadi dokter untuk diri sendiri memang asik dan murah hehe, tapi alangkah baiknya juga sambil dikonsultasikan ke dokter atau para pakar.

3. Menghapus memori dan merapikan file di laptop atau di gadget

Terkadang kita pasti pernah merasa kesal dengan tampilan desktop laptop atau gadget kita berantakan. Nah, disinilah waktu luang kalian bisa kalian manfaatkan dengan sangat berguna. Menyingkirkan hal-hal yang sudah tidak terpakai lagi dan merapikan file-file agar tidak berserakan bisa membuat performa laptop atau gadget kita menjadi lebih cepat, sehingga bisa meningkatkan produktivitas kita juga kedepannya. Selain itu dengan file-file yang lebih terorganisir bisa membuat kita lebih mudah dalam menemukan file yang ingin kita buka, sehingga akan lebih menghemat banyak waktu kedepannya.

4. Melakukan evaluasi hidup

Sebagai manusia kita pasti sering sekali melakukan kesalahan selama kita hidup, baik dari segi perkataan, tingkah laku, sikap dan lainnya. Sekarang kita yang menentukan ingin kita apakan kesalahan-kesalahan itu, apakah hanya ingin disesali dan menganggap sebagai angin lalu? atau kita perbaiki kesalahan-kesalahan itu. Ingat, melakukan evaluasi hidup memang bersinggungan dengan pencapaian, tapi jangan sampai kamu malah terlarut kedalam perbandingan pencapaianmu dengan pencapaian orang lain. Ingat tujuan kamu melakukan evaluasi adalah untuk menjadi insan yang lebih baik kedepannya.

5. Mengasah hal yang kamu suka

Mengasah hal-hal yang membuatmu tertarik juga bisa menjadi kegiatan pengisi di waktu luang, jika kamu sedang tertarik bermain gitar, kalian bisa mengasahnya sambil bermain lagu-lagu sederhana. Jika kamu tertarik dengan tulisan, kamu bisa meluangkan waktu kamu untuk menulis hal-hal yang kamu sukai atau menulis hal yang membuatmu tertarik. Melakukan hal-hal itu secara terus menerus akan membuat kamu menjadi lebih mahir setiap saatnya, meskipun kamu tidak diberikan bakat atau talenta sebelumnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x