Mohon tunggu...
Wildan Rizqi
Wildan Rizqi Mohon Tunggu... Follow me for more information

Everything Is Work If you can make a chance

Selanjutnya

Tutup

Digital

Aplikasi Menarik Discord seperti Forum Komunitas pada Umumnya

29 November 2020   06:40 Diperbarui: 29 November 2020   09:08 374 1 0 Mohon Tunggu...

Game online sebagai salah satu jenis hiburan terbaru, serta yang menyediakan fitur-fitur baru yang jumlahnya beragam. Dan Semakin Murahnya koneksi Internet membuat game online semakin menjamur di Indonesia terutama dikota-kota besar. Pengguna game online ini pun sudah merambah di berbagai kalangan usia , gender dan sosial ekonomi. Hal ini bisa dilihat jika mengunjungi suatu warnet atau game center maka bisa diketahui bahwa sebagian besar adalah pecandu game online. 

Meskipun ada sisi positif dari game online, tetapi tanpa disadari banyak orang game online lebih banyak memberikan pengaruh negative bagi para pecandunya. Baik secara fisik maupun psikologi seseorang. 

Banyak orang berasumsi bahwa game online hanyalah sebuah hiburan atau pengisi waktu senggang saja, padahal tanpa disadari itu akan merusak melalui banyak sisi. Dan Teori Sosial memandang hal ini merupakan suatu Fakta Sosial yang telah menjamur di kalangan masyarakat tanpa banyak orang menyadari adanya perubahan-perubahan baik dalam segi komunikasi maupun interaksi sosial terhadap lingkungan masyarakat dimana individu tersebut berinteraksi dan bersosialisasi.

Komunikasi pada era sekarang berlangsung sangatlah pesatnya sehingga para ahli menyebut gejala ini sebagai suatu revolusi. Kemajuan komunikasi tersebut masih dalah tahapan yang terus dapat di perbaruhui, sejak sekarang sudah dapat diperkirakan akan terjadinya berbagai perubahan di bidang komunikasi maupun bidang-bidang kehidupan lainnya yang saling berhubungan. 

Perubahan-perubahan yang kelak terjadi terutama disebabkan oleh berbagai macam kemampuan dan potensi teknologi komunikasi tersebut, sehingga memungkinkan manusia untuk saling berhubungan dan memenuhi kebutuhan komunikasi mereka secara hampir tanpa batas. Berbagai keterbatasan yang dulu dialami manusia dalam berkomunikasi satu sama lainnya sudah dapat teratasi satu per satu dengan pesatnya perkembangan komunikasi. Diawali dengan munculnya media cetak, radio, televisi, dan internet.

Discord adalah aplikasi baru yang menawarkan fitur sejenis dengan desain yang simpel, praktis, mudah digunakan, menarik, dan dapat diakses dari berbagai gadget. Di Discord tidak harus memiliki account untuk dapat bergabung ke main channel, tergantung dari apakah main channel tersebut apakah mengijinkan orang yang tidak memiliki account untuk bergabung atau tidak. 

Untuk dapat masuk ke dalam channel cukup membuka link Instant Invite yang dapat digenerate oleh pemilik channel atau orang yang berada di channel tersebut.Kita juga bisa mengatur untuk berapa lama link tersebut berlaku, berapa kali link tersebut dapat dibuka, apakah link tersebut hanya untuk member sementara atau tidak, atau apakah link tersebut ingin dibuat lebih simpel atau tidak.

Aplikasi ini gratis untuk digunakan. Kita pun bisa membuat server sendiri untuk voice chat dengan teman, saudara atau bahkan pacar. Sebuah gambar dari situs resminya yang membandingkan aplikasi voice chat ini dengan aplikasi voice chat lainnya seperti team speak, raidcall dan skype. Bahkan aplikasi ini tersedia untuk Adroid dan Iphone secara free. Dan aplikasi ini aman karena menggunakan sistemEncryted. 

Jika ingin menggunakan aplikasi ini untuk bermain game, tidak berpengaruh terhadap FPS game saat memainkannya. Karena pada dasarnya pembuatan aplikasi ini digunakan untuk bermain game. Salah satu kendala yang dimiliki oleh Raid Call adalah server yang terlalu jauh menyebabkan delay pada suara, tetapi Discord memiliki server di Singapore yang dekat dengan Indonesia, dengan ping rendah, membuat Discord lancar untuk digunakan. Ada dua jenis channel di dalam Discord, yaitu Text Channels dan Voice Channels. 

Text Channels digunakan untuk text chat, kita bisa berpindah antar Text Channels dengan cepat. Jika ingin menggunakan halnya seperti LINE Messenger, Discord juga memiliki fitur yang serupa yang membuat berada di text terakhir baca (Semua unread messages akan berada dibawah ketika masuk ke Text Channel tersebut). 

Selain itu kita juga dapat mengedit atau menghapus chat yang sudah di tulis, tergantung dari settingan channel tersebut. Sedangkan Voice Channel, hanya dapat bergabung ke satu saja Voice Channel, dan tetap akan tersambung walaupun berada di Main Channel lain. Kita juga bisa melihat grafik ping untuk Voice Connection secara langsung, dan juga ping rata-rata. Di dalam Discord juga memiliki setting yang jika diaktifkan dapat memindahkan user yang AFK (user yang tidak aktif) di suatu Voice Channel ke Channel tertentu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN